GudangPelajaran

Kumpulan Materi Pelajaran

Cara Melakukan Roll Depan dan Roll Belakang disertai Gambar dan Pengertiannya

December 18, 2017

Roll Depan dan Roll Belakang - Apakah kamu kesulitan atau bahkan belum mengetahui sama sekali tentang roll depan dan roll belakang?

Tenang, kita disini akan sharing informasi tentang roll depan dan roll belakang agar kamu bisa memahami dan melakukan latihan teknik-teknik roll depan dan belakang beserta variasinya dengan aman.

Pembahasan dalam artikel ini akan dibagi menjadi 7 poin, yang bisa kamu lihat dalam daftar isi berikut ini :

Tanpa berpanjang lebar lagi, selamat membaca artikel ini selengkapnya.

Pengertian Roll Depan

Roll depan adalah salah satu jenis gerakan dasar untuk senam lantai dimana atlet akan mengulingkan tubuhnya ke arah depan dalam posisi seperti jungkir balik, namun dengan teknik tertentu sehingga gerakan tersebut tampak teratur dan indah untuk dilihat.

Pengertian Roll Belakang

Berkebalikan dengan pengertian dari roll depan, roll belakang adalah salah satu jenis gerakan dasar untuk senam lantai dimana atlet akan mengulingkan tubuhnya ke arah belakang dalam posisi yang sama dengan roll depan, yakni seperti jungkir balik dengan teknik tertentu dengan hasil gerakan yang teratur dan indah.

Fungsi Roll Depan dan Roll Belakang

fungsi roll depan dan roll belakang

via pinterest.com

Roll depan dan roll belakang merupakan basic dalam olah raga pada umumnya, dan senam lantai pada khususnya. Namun tak jarang gerakan ini dilatih pula pada disiplin lain seperti tari balet, modern dance, latihan militer dan lain sebagainya untuk melatih dan membentuk stamina serta fleksibilitas tubuh.

Roll bagi pemula atau bagi yang belum bisa melakukannya merupakan suatu tantangan tersendiri karena pemula selalu menganggap gerakan ini sebagai gerakan yang berbahaya dan menakutkan meski nyatanya gerakan ini sangat aman untuk dilakukan dan bahkan bayi pun akan dengan sendirinya suka melakukan gerakan ini sebagai bagian dari proses pertumbuhannya.

Dalam hal ini, roll berfungsi untuk melatih mental melawan rasa takut dan rasa tidak percaya pada diri sendiri.

Gerakan Roll juga bisa dipergunakan sebagai terapi psikologis untuk mengatasi trauma pasca kecelakaan yang mengakibatkan cidera kepala dan leher.

Cara Melakukan Roll Depan

cara melakukan roll depan

via ptcoaching.co.uk

Cara melakukan roll depan bisa menggunakan dua jenis awalan, yakni dengan awalan berdiri dan awalan jongkok. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Untuk awalan jogkok, maka pertama-tama posisikan tubuh dalam posisi jongkok.
  2. Letakkan telapak tangan pada lantai dengan posisi lebih depan dari telapak kaki.
  3. Angkat pantat dan arahkan kepala di antara kedua telapak tangan (seperti posisi sujud).
  4. Tempelkan dagu pada dada, lalu dorong kepala hingga masuk melewati kedua telapak tangan. Cara mendorongnya adalah dengan mengangkat pantat lebih tinggi lagi sekaligus condong ke arah depan.
  5. Tempelkan tulang punggung bagian atas/pangkal leher ke lantai, selanjutnya dorong tubuh ke arah depan. Tubuh akan mengguling kedepan.
  6. Beri energi dorongan dengan menggunakan otot perut sehingga setelah tubuh terguling, tubuh akan berposisi seperti posisi awal.
  7. Untuk awalan berdiri, pertama-tama ambil sikap berdiri, kemudian bungkukkan badan dan tempelkan kedua tangan ke lantai.
  8. Tundukkan kepala hingga dagu menempel di dada.
  9. Turunkan badan hingga sedikit rendah, kedua siku tangan akan tertekuk hingga membentuk sudut 45 derajad.
  10. Lakukan tolakan dengan menggunakan pergelangan kaki, sebelum tulang punggung atau pangkal leher menyentuh lantai, kedua tangan akan menjadi penahan tubuh sementara dan perlahan-lahan menurunkan tubuh (bila sudah terbiasa dan tidak takut lagi, proses ini tidak perlu karena tubuh akan langsung diluncurkan ke depan dengan tulang punggung/pangkal leher menjadi tumpuan atau jalur tubuh menggelinding ke depan).
  11. Begitu tubuh telah menggelinding kedepan, kedua telapak kaki menapak lantai, segera dorong tubuh untuk bangkit berdiri sesuai dengan posisi awal.

Cara Melakukan Roll Belakang

cara melakukan roll belakang

via pinterest.com

Cara melakukan roll belakang merupakan kebalikan dari roll depan dan dapat dilakukan dengan tiga jenis awalan, yakni awalan jongkok, awalan berdiri, dan awalan berbaring.

Rol belakang dapat dilakukan dengan menggunakan punggung sebagai tumpuan untuk menggelindingkan tubuh ke arah belakang. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Posisi Awal Jongkok

cara melakukan roll belakang posisi awal jongkok

via ptcoaching.co.uk

  • Posisikan tubuh dengan posisi jongkok, kedua tangan diangkat ke arah depan, ditekuk dengan tekukan penuh sehingga telapak tangan berada di atas bahu dengan posisi menghadap ke atas, siku lurus mengarah kedepan.
  • Setelah itu jatuhkan pantat terlebih dahulu, bungkukkan tulang belakang sebagai tumpuan awal menggelinding, tundukkan kepala hingga dagu menempel ke dada.
  • Selanjutnya lakukan dorongan untuk menggelinding ke belakang. Jangan rubah posisi tangan.
  • Dengan sendirinya kedua telapak tangan pada posisi semula akan menapak di lantai. Gunakan telapa tangan ini untuk membantu melakukan dorongan sehingga kepala tidak terbentur dengan lantai dan tubuh akan kembali ke posisi awal.

2. Posisi Awal Berdiri

cara melakukan roll belakang posisi awal berdiri

via pinterest.com

  • Yang membedakan posisi berdiri dengan jongkok hanyalah awalannya saja, posisi ini diawali dengan posisi berdiri, lalu perlahan menurunkan tulang ekor hingga menyentuh lantai.
  • Pada saat tulang ekor atau pantat telah menyentuh lantai, lakukan posisi tubuh yang sama dengan posisi awal roll belakang jongkok, terutama pada posisi tangan dan kepala.
  • Selebihnya, lakukan gerakan menggelinding sebagaimana telah dijelaskan pada bagian sebelumny.
  • Gerakan akan selesai pada posisi jongkok yang kemudian dilanjutkan dengan posisi berdiri seperti posisi awal.

3. Posisi Awal Berbaring

  • Posisi tubuh dengan berbaring, kaki lurus, kedua di tekuk dan telapak tangan di tempatkan di atas bahu, menempel ke lantai.
  • Lakukan tolakan dengan menggunakan kedua kaki dengan mengarahkan ke arah belakang kepala. Tolakan ini akan dibantu dengan tolakan yang dilakukan oleh otot perut sehingga kedua ujung kaki bisa mencapa lantai di belakang kepala.
  • Selanjutnya, gunakan kedua telapak tangan sebagai tumbuan dan alat bantu untuk mengguling. Ketika kedua ujung kaki mencapai lantai, dorong tubuh dengan menggunakan kedua tangan.
  • Posisi ini bisa diakhiri dengan jongkok atau berdiri.

Variasi Roll Depan Roll Belakang

variasi roll depan roll belakang

via twitter.com

1. Roll Depan Dengan Awalan Handstand

  • Posisikan tubuh dengan posisi handstand.
  • Selanjutnya, jatuhkan pangkal leher/tulang punggung perlahan dengan menekuk siku tangan. Pada posisi ini, tempelkan dagu ke dada agar kepala terlindung/tidak menjadi tumpuan tubuh saat berguling ke depan.
  • Setelah tumpuan menempel ke lantai, segera turunkan seluruh berat tubuh ke bawah mengarah ke depan. Secara otomatis tubuh akan mengguling ke depan sebagaimana roll depan seperti yang telah dijelaskan dibagian sebelumnya.

2. Roll Depan Dengan Awalan Lompat Harimau

  • Awalan dari teknik ini adalah lari, lalu melompat ke arah depan seperti harimau yang sedang menerkam.
  • Gunakan kedua telapak tangan sebagai tumpuan jatuh.
  • Ketika telapak tangan telah mencapai lantai, tempelkan dagu ke dada, turunkan beban tubuh ke arah depan. Kedua tangan akan tetap menahan selama beban tubuh belum sepenuhnya disangga oleh tulang punggung.

3. Roll Depan Dengan Awalan Sikap Kuda-Kuda (mendak)

Roll depan dengan awalan sikap kuda-kuda merupakan gerakan yang mudah tapi menakutkan. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buatlah posisi kuda-kuda (mendak) dengan cara membuka kedua kaki lebih lebar dari bahu.
  • Tekuk lutut sehingga tubuh akan lebih turun sedikit posisinya.
  • Pegang masing-masing pergelangan kaki dengan kedua telapak tangan. Pada posisi ini otomatis kepala dan punggung akan ikut menunduk.
  • Arahkan kepala menatap lurus ke belakang. Posisi kepala telah melewati selangkangan.
  • Jatuhkan tubuh dengan menggunakan punggung sebagai tumpuan. Jangan mengubah posisi tagan, kaki dan kepala, gunakan otot perut untuk ikut mendorong tubuh pada saat momentum tubuh mengguling agar nantinya posisi akhir seperti pada posisi awal.
  • Hal terberat adalah mengangkat tubuh hingga pada posisi awal. Bila sudah terbiasa maka hal ini tidaklah sulit.

4. Roll Belakang Dengan Awalan Sikap Lilin

  • Posisikan tubuh dengan posisi sikap lilin
  • Setelah itu, jatuhkan perlahan kedua ujung kaki hingga melewati kepala dan menyentuh lantai. Pada saat yang sama, pindahkan posisi telapak tangan di samping kepala menapak ke lantai.
  • Gunakan kedua tangan sebagai tolakan untuk menggulingkan tubuh seluruhnya sebagaimana roll belakang dengan awalan berbaring seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Hal-Hal Penting Dalam Roll Depan Roll Belakang

hal-hal penting dalam roll depan roll belakang

via pinterest.com

  1. Jika kamu belum pernah melakukannya, jangan melakukan ini sendirian. Carilah partner untuk menemani latihan karena jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan, akan ada orang yang langsung menolong.
  2. Untuk pemula, gerakan ini sebaiknya dilakukan di atas matras tipis, di permukaan rumput, atau di pantai.
  3. Pastikan permukaan ruangan yang dipergunakan untuk latihan bersih dari benda-benda keras seperti kerikil dan lain sebagainya.

Demikianlah berbagai pembahasan dan tips-tips untuk melakukan roll depan roll belakang, akhir kata selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.

Sharing is Caring

«

»


KATEGORI

BACAAN TERKAIT

Copyright © 2018 GudangPelajaranContact / Privacy Policy / Copyright / IP Policy / Term of Service
Top