GudangPelajaran

Kumpulan Materi Pelajaran

Kayang : Mempelajari Pengertian, Cara Melakukan, Sikap dan Manfaatnya

December 19, 2017

Kayang - Materi kali ini berisi 6 hal penting yang harus diketahui oleh pemula sebelum mencoba untuk latihan kayang.

Hal-hal tersebut akan diulas dalam 6 poin pembahasan yang mencangkup pengertian kayang, manfaat kayang, sikap kayang, cara melakukan kayang, kesalahan dalam melakukan kayang dan tips-tips latihan kayang.

Tanpa berpanjang lebar lagi, selamat membaca materi kayang selengkapnya.

Pengertian Kayang

pengertian kayang

via pinterest.com

Kayang adalah salah satu bentuk latihan yang menjadi bagian dalam senam lantai, yaitu dengan memposisikan tubuh untuk membusur/melengkung menghadap ke atas dengan tumpuan kedua telapak kanan dan kaki.

Sikap kayang sempurna bisa dilakukan jika kamu memiliki kelenturan tubuh yang bagus terutama pada kelenturan tulang belakang dan kelenturan tulang kaki.

Kayang bukanlah hal sulit untuk dilakukan namun juga bukan hal yang mudah karena dalam melakukannya dibutuhkan kesiapan tubuh dan keberanian.

Rata-rata para pemula akan takut melakukan kayang karena imajinasi akan rasa sakit ketika jatuh terutama jika kepala jatuh terbentur.

Padahal pada kenyataanya, jika latihan kayang dilakukan dengan tahap-tahap yang tepat, kecelakaan seperti kepala terbentur lantai tak akan pernah terjadi dan bahkan pemula pun akan bisa melakukan posisi kayang hanya dalam 1 kali sesi latihan bersama pelatih atau rekan latihan lainnya.

Manfaat Kayang

manfaat kayang

via pinterest.com

Dalam dunia olahraga, seorang atlet sebaiknya bisa melakukan kayang karena selain sebagai cara untuk melatih mental, kayang terbukti bermanfaat dan ampuh untuk melatih kekuatan otot bahu, paha, dan perut serta sedikit untuk melatih kelenturan tulang punggung (meski latihan untuk kelenturan tulang punggung bukanlah kayang).

Posisi kayang juga merupakan salah satu posisi dari Yoga yang berfungsi untuk menstabilkan posisi cakra terutama pada bagian perut.

Bilamana hal ini dilatih secara rutin, maka latihan kayang akan bermanfaat untuk membangun energi tubuh dan menjaga keseimbangan cakra.

Sikap Kayang

sikap kayang

via pinterest.com

Sikap kayang sempurna adalah posisi tubuh yang melengkung terangkat dan menghadap ke atas dengan tumpuan kedua telapak tangan dan kaki.

Posisi kepala berada diantara kedua tangan, menatap lurus ke depan dan tentunya posisi kepala ini akan terbalik juga.

Posisi kayang sempurna juga tidak membuat jarak kaki dan tangan terlalu jauh atau terlelu dekat seperti yang tertera pada gambar berikut ini:

Cara Melakukan Kayang

cara melakukan kayang

via pinterest.com

Dari posisi sikap kayang seperti yang telah dijelaskan di atas, lalu bagaimana cara melakukannya?

Posisi tersebut bisa dilakukan dengan melalui dua jenis awalan, yakni awalan berdiri dan awalan berbaring.

Awalan berdiri lebih sulit dan menakutkan jika dibandingkan dengan awalan berbaring.

Meski demikian, kedua awalan ini bisa dilakukan oleh pemula melalui latihan. Ikuti langkah-langkah cara melakukan kayang untuk pemula berikut ini:

1. Kayang Awalan Berdiri

cara melakukan kayang awalan berdiri

via pinterest.com

  • Lakukan pemanasan dan peregangan yang cukup terutama pada bagian otot leher, bahu, pinggul, selangkangan dan kaki. Hal ini penting karena latihan kayang bisa menyebabkan cidera jika tanpa disertai pemanasan dan peregangan terlebih dahulu.
  • Lakukan pemanasan khusus untuk kayang, yakni dengan cara merentangkan tubuh ke arah belakang hingga maksimal dengan kedua tangan menumpu pada paha belakang, lalu dibalas dengan menundukkan tubuh ke arah depan semaksimal mungkin, kalau bisa kepala menyentuh lutut. Hal ini dilakukan beberapa kali agar tulang punggung rileks dan aman dari cidera latihan kayang.
  • Siapkan tubuh pada posisi berdiri, buka kaki hingga selebar bahu, dan bernafas rileks.
  • Rentangkan perlahan kepala dan tubuh ke arah belakang, ikuti dengan gerakan tangan mendahului jatuhnya tubuh dan kepala, dengan demikian kedua telapak tangan akan mendarat di lantai terlebih dahulu dan berperan sebagai penyangga selain kedua kaki.
  • Bila tidak yakin dengan hal ini, jangan lakukan sendirian, ajaklah orang lain untuk berjaga di sebelah kiri atau kananmu, atau ikut membantu memegangi punggungmu saat kamu menurunkan badan ke arah belakang.
  • Setelah kamu berhasil kayang dalam sikap sempurna, selajutnya yang tak kalah penting adalah kembali ke posisi berdiri dari sikap kayang. Hal ini membutuhkan banyak energi karena tangan, otot perut dan otot punggung akan bekerja ekstra untuk mengangkat tubuh hingga posisi berdiri.
  • Jika kamu kesulitan untuk kembali pada posisi berdiri, jangan dipaksakan terlebih dahulu, gunakan akhiran berbaring di lantai setelah selesai membuat sikap kayang sempurna.

2. Kayang Awalan Berbaring

cara melakukan kayang awalan berbaring

via pinterest.com

  • Lakukan pemanasan sebagaimana telah dijelaskan di atas.
  • Posisikan tubuh pada posisi berbaring dengan kedua kaki di tekuk dan telapak kaki menyentuh lantai, kedua tangan di tekuk dan permukaan tangan diposisikan di samping kepala.
  • Angkatlah tubuh ke atas dengan kedua kaki dan kedua tangan sebagai penahan. Posisi kepala rileks, menghadap ke depan dengan posisi terbalik.
  • Sebagai catatan, kayang pada posisi ini sebetulnya masih termasuk sebagai bagian dari pemanasan kayang untuk posisi berdiri karena dalam posisi ini, kamu hanya akan mengenali bentuk jadi dari kayang, bukan proses sempurna yang hanya bisa dilakukan melalui awalan berdiri.
  • Manfaat dari latihan kayang ini bukan semata-mata pada hasil akhirnya saja, yakni posisi tubuh dalam sikap kayang, namun seluruh rangkaian proses menurunkan tubuh ke belakang dari posisi berdiri untuk kemudian mengangkat tubuh kembali hingga posisi berdiri seperti semula.

Kesalahan Dalam Melakukan Latihan Kayang

kesalahan dalam melakukan latihan kayang

Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya dihindari dalam latihan kayang:

  1. Memposisikan tangan terlalu dekat dengan kaki jika kamu pemula. Hal ini akan membuat kamu mengalami cidera.
  2. Terlalu gugup dan tegang. Hal ini akan membuat kesadaran tak bekerja sepenuhnya.
  3. Bagian tulang belakang dan persendian masih kaku atau kurang lentur akan menyebabkan latihan kayang sulit dilakukan bahkan jika dari posisi tidur. Sebaiknya lakuka pemanasan dan peregangan terlebih dahulu sebelum kayang.

Tips-Tips Latihan Kayang

  1. Lakukan di permukaan lunak seperti matras tipis, lapangan berumput atau pantai untuk latihan bagi pemula.
  2. Gunakan tembok sebagai latihan kayang posisi berdiri.
  3. Ajaklah pendamping yang mendampingi dari posisi samping dan ikut memegangi punggung saat kamu menurunkan tubuh perlahan ke belakang.

Demikian beberapa informasi terkait dengan kayang dan cara melakukannya bagi pemula. Selamat mencoba. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sharing is Caring

«

»


KATEGORI

BACAAN TERKAIT

Copyright © 2018 GudangPelajaranContact / Privacy Policy / Copyright / IP Policy / Term of Service
Top