GudangPelajaran

Kumpulan Materi Pelajaran

7+ Contoh Teks Prosedur Lengkap Beserta Strukturnya : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Unsur Kebahasaan

October 23, 2017

Artikel ini berisi ulasan menarik tentang seluk beluk teks prosedur atau procedure text lengkap beserta contoh dan strukturnya.

Contoh-contoh teks prosedur dalam artikel ini merupakan contoh tek prosedur dalam bahasa inggris dan bahasa indonesia dengan beragam tema mulai dari cara menanam bunga, cara membuat makanan, cara membuat kertas daur ulang hingga cara mengurus kartu pelajar.

Semoga ulasan dan contoh-contoh teks prosedur dalam artikel ini bisa membantumu dalam mengerjakan tugas sekolah tentang teks prosedur.

Selamat membaca, guys!

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur secara umum dapat diartikan sebagai sebuah teks yang berisi informasi, instruksi, atau petunjuk untuk melakukan sesuatu.

Jika dilihat dari tingkat kerumitannya, teks prosedur bisa dibagi menjadi dua, yakni teks prosedur singkat atau sederhana dan teks prosedur kompleks.

Teks prosedur singkat atau teks prosedur sederhana adalah sebuah teks yang berisi instruksi singkat untuk melakukan, menggunakan atau mengoperasikan sesuatu. Misalnya adalah petunjuk penggunaan obat, cara menghidupkan komputer, cara membuat foto screenshot, cara menyeduh teh celup, dll.

Sementara itu, teks prosedur kompleks adalah suatu teks yang berisi instruksi panjang tentang cara membuat, menggunakan, merangkai, atau mengoperasikan sesuatu. Misalnya adalah cara menanak nasi, cara mencangkok pohon, cara membuat SIM, cara menginstal komputer, dll.

Pengertian Procedure Text

In general, procedure text can be understood as a text which contains some information, instructions, and directions to do something.

Based on the complexity level, it can be divided into simple procedure text and complex procedure text.

Simple procedure text is a text with short instruction to use, to do, or to operate something such as the usage direction of medicines, the instruction to operate the computer, the way to take screenshot picture, the steps to pour tea bag, and etc.

On the contrary, the complex procedure text is used to give long and complex instruction to make, create, install, and operate something. For example, the instruction to cook rice, the steps of grafting the tree, the steps to make driving licence, the steps to install the computer, etc.

Tujuan Teks Prosedur

Tentunya tujuan dari teks prosedur tak lain adalah memberikan petunjuk atau instruksi sejelas mungkin kepada orang lain agar ia bisa melakukan sesuatu sesuai dengan petunjuknya.

Jenis Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks bisa dibedakan berdasarkan tujuannya karena berangkat dari tujuan inilah nantinya teks prosedur ini akan memiliki struktur yang berbeda.

Setidaknya ada dua jenis teks prosedur kompleks, yakni teks prosedur komplek yang membutuhkan bahan material dan teks prosedur komplek yang tidak membutuhkan bahan material.

Teks prosedur kompleks yang membutuhkan alat dan material misalnya adalah cara mencangkok pohon.

Tentu dalam hal ini diperlukan peralatan dan bahan-bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu sebelum nantinya akan dijelaskan mengenai tahap-tahap cara mencangkok pohon tersebut. Contoh lain dari teks prosedur kompleks semacam ini banyak ditemukan dalam buku resep makanan.

Sementara itu, teks prosedur kompleks yang tak membutuhkan bahan atau material adalah teks prosedur kompleks yang berisi petunjuk atau instruksi untuk melakukan sesuatu, misalnya adalah panduan pengoperasian mesin kapal, cara membuat kartu keluarga, dan lain sebagainya.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Secara umum terdapat 3 struktur teks prosedur kompleks, yakni:

  1. Tujuan / Goal (bisa juga dikatakan sebagai pendahuluan).
  2. Bahan / Material (khusus untuk teks prosedur kompleks yang menginstruksikan pembuatan sesuatu yang membutuhkan bahan baku tertentu).
  3. Langkah-langkah / Steps (berisi penjelasan tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk keberhasilan tujuan yang telah disampaikan di bagian awal).

Unsur Kebahasaan Teks Prosedur

Terdapat 7 unsur kebahasaan teks prosedur, yaitu:

  1. Teks prosedur, terutama dalam bahasa inggris, selalu menggunakan waktu kekinian (simple present tense).
  2. Teks prosedur berisi instruksi sehingga banyak menggunakan kalimat perintah.
  3. Teks prosedur haruslah jelas dan singkat serta informatif.
  4. Menggunakan kalimat aktif dan pasif.
  5. Menggunakan satuan panjang, berat, waktu, dsb. dalam kalimat-kalimat perintahnya.
  6. Menggunakan perhitungan yang pasti seperti misalnya; rebus selama 5 menit, tambahkan 2 sendok teh gula, potong 2 meter, dsb.
  7. Selain menggunakan kalimat perintah, teks prosedur juga memberikan kalimat keterangan dari perintah tersebut.

Contoh Procedure Text - Making Handmade Paper from Recycled Materials

contoh procedure text - making handmade paper from recycled materials

via makezine.com

Contoh procedure text yang pertama adalah prosedur membuat handmade paper dari bahan daur ulang.

Goal

This procedure text is purposed to give short and simple explanation to make a handmade paper from the recycled materials of paper such us old paper, copy paper, drawing paper, printmaking paper, old newspaper, or any kind of papers which are no longer used.

Material

  1. Old or scrap paper (best are copy paper, printmaking paper, junk mail, drawing paper, or paper with strong fibers. But we can also use any kinds of paper).
  2. Water.
  3. Screen (we can get it at the craft store. This is the screen for silk screening).
  4. Frame (we can use old picture frame. Will be better if we have two frames with the same size to keep the screen between those).
  5. Staple (optional).
  6. Food blender.
  7. Large plastic box which can be used to be filled up with the mixing water and pulp.
  8. Cloth.
  9. Sponge.
  10. Flat surface (wide will be better), wood board can be used for this.

Steps

  1. Cut the paper into small pieces (one inch squares or less).
  2. Soak those small pieces of paper into water. Wait for more than 5 hours (a whole night will be better).
  3. Blend those paper with food blender to be soft pulp (add some water if needed). Do not fill the blender to much paper to get the maximum result.
  4. Fill the pulp into the plastic box.
  5. Install the screen at the frame. Use staple or anything else to hold the screen on the frame’s edge. If you have two frame of the same size, you can put the screen between it. The bottom part of the frame can be function to hang the pulp when it is already on the screen.
  6. After the screen is ready, use it to strain the pulp on the plastic box. Repeat for one to three times to get the thickness that you want. More you repeat the straining process, thickest the paper that you will have.
  7. The way to strain the pulp is just dip your frame with screen on the plastic box. But before you do that, stir your pulp first. And after that, pull the frame up. The pulp should cover the screen surface.
  8. Use a piece of cloth or sponge to press the water out. You can do it for several times until the pulp is a half dry.
  9. Move that pulp at another surface like wood surface to make it dry. Make sure that your pulp is safe from the rain or something else. Perhaps you will need more than 4 hours to make it dry.
  10. After your own paper is dry, cut off the edge of it to make it looks in a shipshape. Your paper is ready to be used.

Contoh Teks Prosedur Kompleks - Membuat Pupuk Dari Sampah Dapur Dengan Cara Fermentasi

contoh teks prosedur kompleks - membuat pupuk dari sampah dapur dengan cara fermentasi

via pinterest.com

Berikut ini merupakan contoh teks prosedur kompleks tentang bagaimana membuat pupuk dari sampah dapur dengan menggunakan teknik fermentasi.

Tujuan

Teks prosedur ini menjelaskan cara mudah untuk mengolah sampah dapur agar menjadi sesuatu yang jauh lebih bernilai dari sekedar sampah, yakni pupuk.

Pupuk hasil pengolahan sampah dapur ini merupakan pupuk organik yang bisa dipergunakan untuk memupuk berbagai jenis tanaman tanpa efek samping.

Pengolahan pupuk dengan cara fermentasi bisa diaplikasikan untuk menghasilkan dua jenis pupuk, yakni pupuk cair dan padat.

Teks prosedur ini akan secara khusus memberikan penjelasan mengenai pengolahan sampah dapur untuk dijadikan pupuk cair dengan melalui proses fermentasi.

Material

  1. Sampah dapur organik (sisa sayuran, makanan, kulit buah, tulang belulang, nasi basi, dll).
  2. Bakteri pengurai EM4 (1/4 liter), atau bisa diganti dengan ragi roti seperti fermipan (2 bungkus) atau merek lainnya.
  3. Gula pasir (100 gram).
  4. Air (secukupnya).
  5. Ember plastik berpenutup (1 buah dengan kapasitas minimal 10 liter).
  6. Selang bangunan (1 meter).
  7. Lilin/lem pipa (secukupnya).
  8. Solder/alat untuk melubangi tutup ember plastik.
  9. Isolasi/lakban (secukupnya).
  10. Botol air mineral bekas (1).
  11. Saringan.

Langkah Pembuatan

  1. Tahap pertama yang harus dipersiapkan dalam pembuatan pupuk ini adalah membuat wadahnya terlebi dahulu. Ember plastik berpenutup nantinya akan dipakai sebagai wadah utama proses fermentasi, sementara botol air minum bekas merupakan wadah pembuangan gas dari ember plastik yang disalurkan melalui selang bangunan. Wadah fermentasi ini harus tertutup rapat agar tidak ada udara dari luar yang masuk, namun juga harus ada saluran untuk membuang gas fermentasi.
  2. Lubangi tutup ember plastik dengan menggunakan solder atau alat lainnya dengan ukuran lubang yang sesuai dengan diameter selang.
  3. Masukkan salah satu ujung selang ke lubang tutup ember yang baru saja dibuat. Tambal celah-celahnya dengan menggunakan lilin atau lem pipa. Lilin/lem ini tak hanya bertujuan untuk menutup celah sehingga tak ada udara dari luar yang masuk namun juga mampu untuk menahan selang agar tidak lepas dari tutup ember.
  4. Masukkan segala jenis sampah dapur organik seperti misalnya sisa sayuran, nasi basi, tulang belulang, cangkang telur, kulit buah, makanan kadaluarsa, dan lain sebagainya hingga sebanyak separuh ember plastik.
  5. Larutkan 1 liter air dengan gula 100 gram, lalu tambahkan bakteri pengurai (1/4 liter EM4 atau 2 sachet fermipan) dan aduk perlahan hingga tercampur. Setelah selesai, masukkan ke dalam ember plastik bersama dengan bahan lainnya.
  6. Tambahkan air ke dalam ember plastik hingga volume mencapai 2/3 bagian ember, aduk perlahan.
  7. Tutup ember tersebut dengan penutup yang telah dipasang selang, lalu rekatkan isolasi/lakban di sepanjang tepian tutup ember sehingga tidak ada udara dari luar yang bisa masuk.
  8. Isi botol air mineral bekas dengan air hingga penuh, kemudian masukkan ujung selang satunya ke dalam botol air ini. Pastikan ujung selang ini selalu terendam air dan tidak bergerak keluar. Hal ini bertujuan agar gas dari ember bisa keluar tanpa harus ada udara dari luar yang masuk ke dalam ember.
  9. Tunggu hingga 14 hari, lalu buka penutup ember tersebut. Jika tercium bau tape berarti proses fermentasi ini berjalan sempurna.
  10. Pisahkan air dan ampas dengan menggunakan saringan (bisa juga dengan menggunakan air jika ingin hasil pupuk cair yang bening dan bebas ampas).
  11. Simpan pupuk cair ke dalam botol tertutup. Sisa atau ampas fermentasi bisa dipergunakan sebagai media tanam.
  12. Pupuk cair ini aman dipergunakan sebagai pupuk daun (disemprotkan ke daun) atau pupuk akar (disiramkan di media tanam).
  13. Jika pupuk cair ini dipergunakan untuk pupuk daun, maka usahakan usia pupuk ini tak lebih dari dua bulan setelah masa pembuatan agar hasilnya optimal. Campurkan 1 liter pupuk fermentasi ini dengan 10 liter air lalu semprotkan pada daun tanaman di sore hari setelah matahari meredup atau ketika subuh sebelum matahari meninggi (ini merupakan waktu terbaik karena stomata terbuka lebar).
  14. Jika pupuk cair ini dipergunakan sebagai pupuk akar, maka pupuk ini bisa dicampurkan dalam air dengan perbandingan 1 liter pupuk: 3 liter air untuk kemudian disiramkan ke media tanam layaknya menyirami tanaman. Lakukan hal ini 10 hari sekali untuk hasil yang optimal.

Contoh Procedure Text Singkat - An Easy Way to Clean White Cloth

contoh procedure text singkat - an easy way to clean white cloth

via pinterest.com

Contoh procedure text singkat kali ini tentang bagaimana cara mudah membersihkan baju putih.

Goal

If you have difficulty to clean dirty spot on your white cloth and you failed to do that even you have washed it so many times, I think you have to try this method.

The formula that I will explain bellow also can be used to clean some metal tools or furniture and also to clean your bathroom or toilet.

Follow the instruction bellow.

Material

To clean cloth and metal

  1. Water.
  2. 1 or 2 tablespoons of citrus acid powder.

To clean bathroom and toilet

  1. Plastic bottle of mineral water 1,5 litter (with the bottle cup).
  2. Water.
  3. 3 tablespoon of citrus acid powder.

Steps

To clean cloth and metal

  1. Fill the washtub with 2 or 3 litter of water, add 1 (for soft dirty spot) or 2 tablespoons of citrus acid powder, stir for a while.
  2. Soak your cloth or metal in it for around 1 hour.
  3. Wash your cloth and metal normally (using detergent).

To clean bathroom and toilet

  1. Fill 3 tablespoon of citrus acid powder and water into the bottle, shut it with the bottle cup.
  2. Make a small hole at the bottle cup.
  3. Sprinkle it at the dirty spot of the bathroom floor or toilet, wait for 15 minutes.
  4. Rub the dirty spot using brush and water it.

Contoh Teks Prosedur Sederhana - Cara Mudah Memotong Botol Kaca

contoh teks prosedur sederhana - cara mudah memotong botol kaca

via pinterest.com

Contoh teks prosedur sederhana berikut ini membahas tentang cara mudah memotong botol kaca dengan simetris dan rapi tanpa perlu alat yang ribet.

Tujuan

Teks prosedur sederhana ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai cara mudah untuk memotong botol kaca, mengingat kadang kala kita menemukan botol kaca yang unik dan terbesir pikiran untuk memotongnya dan menjadikannya gelas atau vas bunga.

Belum tentu kita bisa membeli alat khusus untuk memotong botol kaca tersebut dan alat pemotong kaca biasa tentunya juga tidak akan bisa dipergunakan untuk memotong botol kaca.

Namun jangan khawatir, ternyata memotong botol kaca dengan simetris dan rapi sangatlah mudah tanpa harus menggunakan alat khusus yang rumit dan mahal. Mau tahu caranya? Ikuti petunjuk berikut ini.

Material

  1. Botol kaca yang akan dipotong
  2. Ember kecil
  3. Minyak goreng secukupnya
  4. Air secukupnya
  5. Lilin
  6. Potongan silet
  7. Tang
  8. Batu pengasah pisau

Langkah-Langkah

  1. Masukan botol yang hendak dipotong ke dalam ember, tepat di tengah.
  2. Isi ember dengan air dengan ketinggian yang sesuai dengan batas botol yang akan dipotong.
  3. Jika botol mengapung, botol tersebut bisa diisi dengan air secukupnya sehingga botol tersebut akan tetap berada di tengah ember dan tidak akan bergerak-gerak.
  4. Masukkan minyak goreng ke dalam ember hingga menutup semua permukaan air (karena minyak goreng akan berada di atas permukaan air). Pastikan ketinggian minyak ini sesuai dengan batas botol yang akan dipotong. Oleh karena itu, volume air dalam ember boleh dikurangi sedikit untuk menyesuaikan dengan batas botol yang akan dipotong.
  5. Nyalakan lilin.
  6. Jepit potongan silet dengan tang, lalu panaskan potongan silet itu di atas lilin hingga potongan silet itu berwarna merah bara api.
  7. Selagi masih membara, celupkan potongan silet panas tersebut ke permukaan minyak di area dekat dengan botol. Usahakan potongan silet tersebut tidak sampai tercelup hingga ke bagian air.
  8. Selang beberapa saat, minyak akan bereaksi dengan panas dari potongan silet dan dengan sendirinya minyak tersebut panas dan membuat bagian botol pada lapisan minyak akan ikut memanas. Dengan sendirinya botol tersebut akan terpotong sempurna persis dibatas permukaan air di bawah minyak.
  9. Setelah botol terpotong, gosoklah permukaan tajam potongan tersebut dengan menggunakan batu asahan secukupnya sehingga potongan kaca yang tajam tersebut tidak akan melukai tangan.

Teks Prosedur Bahasa Inggris - Grow Adenium Flower From Seed

teks prosedur bahasa inggris - grow adenium flower from seed

via youtube.com

Contoh teks prosedur bahasa inggris kali ini membahas tentang bagaimana menanam bunga adenium mulai dari benih.

Goal

This procedure text will explain step by step an easy way to grow adenium flower from seed.

Basically, the nature of adenium is in a desert area which is dry and hot. That is why this plant is also called desert rose. But in fact, we can grow it anywhere as long as this flower gets enough sunlight.

For the additional information, this plant does not like water too much, so you don’t need to give it water every day. Like any other desert plants, adenium can live without water for around two weeks in a pot.

Okay, to do this, you can prepare all the materials and follow the instruction bellow.

Materials

  1. Adenium fresh seed
  2. Warm water
  3. Water
  4. Sunlight
  5. Heat 25-35 degrees Celsius
  6. Good draining potting mix
  7. Seed tray

Steps

To Grow the Seeds

  1. Soak the seeds in warm water for around 1-2 hours.
  2. Fill the seed tray with draining potting mix.
  3. Place each seed carefully at the tray. One layer for one seed.
  4. Cover the seed with draining potting mix. Make sure that the seed is barely covered.
  5. Water the seed using spray after you cover it with draining potting mix. Don’t give too much water.
  6. Keep it at the place with good light source.
  7. For the next treatment, spray your seed with water only when the draining potting mix is almost dry. It will be once a week or more. Remember to not too much giving water to the seed.
  8. Your seed will sprout for 7-10 days. Each seed perhaps grows differently.
  9. Give the same treatment until the seedlings have more than at least 8 leaves.
  10. Move it to the larger pot. Do the same treatment. Normally, your adenium plants will start to have flower when they are 10 months or more.

Programming the Adenium Plant

Adenium will be beautiful plant if you have concept to program its growing.

Because it is different from any other plants, adenium plant will stuck and looks pity if you just give it water, fertilizer, and change the pot.

You need more action like pruning the leaves, cut the branches or even cut the root. Here some information you should know;

  1. If you want to have adenium with big root or trunk, do pruning that is cutting the leaves frequently after the seedling at least has 3 months age. Do it every two months.
  2. If you want your adenium has a lot of branches, just cut it. Every branch that you cut will has at least two new branches. The more your adenium has branches, the more flowers you will see when it starts blooming.

Contoh Teks Prosedur Membuat Makanan - Cara Membuat Tumis Kangkung Sederhana Kualitas Resto

contoh teks prosedur membuat makanan - cara membuat tumis kangkung sederhana kualitas resto

via pinterest.com

Contoh teks prosedur membuat makanan kali ini membahas tentang bagaimana membuat tumis kangkung secara sederhana tapi rasanya maknyus.

Tujuan

Membuat tumis kangkung bukanlah hal yang rumit namun juga bukan hal yang bisa diremehkan begitu saja.

Jika kangkung dimasak dengan cara yang kurang tepat, maka kita tidak akan mendapatkan tekstur, warna, dan rasa yang enak.

Bila kita memesan tumis kangkung di restoran atau rumah makan yang tampak elit dengan harga mahal, sebetulnya cara memasaknya tidaklah rumit dan tidak membutuhkan bahan yang mahal. Bisa jadi yang membuatnya mahal adalah isian tambahan seperti udang atau cumi-cumi.

Rahasia mendasar dari menumis kangkung terletak pada cara kita memilah kangkung yang akan di masak.

Untuk tumis kangkung kelas premium, maka kangkung yang digunakan hanyalah bagian ujungnya saja yang berisi 2-3 lembar daun beserta tangkainya. Bila bagian bawahnya tampak ada daun yang masih mulus dan muda, bisa diambil sekalian.

Jangan gunakan batang kangkung yang terlalu besar kecuali pada pucuk kangkung.

Sementara itu, cara memasaknya sangat mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Bahan

  1. Kangkung 2 ikat
  2. Bawang putih 3 siung
  3. Cabe Rawit sesuai selera
  4. Cabe merah 2 buah
  5. Daun jeruk 1-2 lembar
  6. Merica (opsional)
  7. Garam sesuai selera
  8. Penyedap instant (boleh rasa kaldu ayam atau sapi) secukupnya
  9. Minyak goreng secukupnya
  10. Air secukupnya
  11. Isian tambahan seperti udang/cumi/ayam (ini hanya opsional saja)

Langkah-Langkah

  1. Siapkan kangkung sebagaimana telah di singgung di bagian awal, yakni kangkung bagian pucuk beserta tangkainya (berisi 2-3 lembar daun) daun daun di bawahnya yang tampak segar atau tidak terlalu tua atau bahkan telah muncul bercak kuning pada daunnya. Hal ini akan berpengaruh pada tekstur dan warna masakan. Jika jenis daun kangkung yang dipilih kurang lebih sama kualitasnya, hal ini akan mempermudah cara memasak dan menentukan kematangan masakan.
  2. Iris bawang putih dengan irisan yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.
  3. Iris cabe merah sesuai selera.
  4. Iris tipis cabe rawit.
  5. Iris daun jeruk dengan irisan yang sangat tipis. Hilangkan tulang daunnya terlebih dahulu. Jika daun jeruk berukuran besar, cukup gunakan selembar saja. Jika daun jeruk terlalu banyak, maka aroma kangkung akan kalah.
  6. Siapkan wajan dan minyak goreng secukupnya, panaskan dengan api kecil.
  7. Tumis irisan bawang putih terlebih dahulu hingga tercium aromanya.
  8. Setelah aroma tumisan bawang putih mulai tercium, segera masukkan irisan cabe dan daun jeruk, aduk-aduk sebentar, lalu masukkan daun kangkung. Tambahkan air secukupnya (bila ingin berkuah gunakan air satu gelas belimbing, bila tidak ingin terlalu berkuah, gunakan setengahnya saja).
  9. Setelah air ditambahkan, aduk kangkung dan bumbu yang telah ditumis hingga tercampur merata. Besarkan api sedikit saja, terus aduk hingga kangkung mulai layu dan air mulai mendidih.
  10. Segera tambahkan garam setelah kangkung terlihat layu lalu susul dengan menambahkan penyedap rasa. Ini bagian yang paling sulit karena pemberian garam dan penyedap sebaiknya ditaburkan sedikit demi sedikit, aduk-aduk lalu cicipi kuahnya untuk menentukan rasa yang pas. Di petunjuk ini tidak diberitahukan berapa jumlah garam dan penyedap yang dipergunakan karena di sinilah seninya, yakni kita sendiri yang menentukannya sesuai selera.
  11. Setelah semua tercampur dan daun kangkung sudah layu, segera angkat sebelum warna kangkung berubah menjadi tua atau mulai kehilangan warna hijaunya. Tapi hal ini juga harus dilihat apakah kangkung tersebut telah matang atau belum. Ada baiknya kangkung tersebut dicicipi terlebih dahulu untuk tahu tingkat kelembekannya. Jika masih terlalu keras, maka kangkung tersebut belum matang, namun jika terlalu lunak, maka kangkung tersebut terlalu lama di masak. Jika kangkung terlalu lama di masak, meski masih hijau ketika di atas wajan, namun ketika disajikan nantinya kangkung tersebut akan berubah warna menjadi tak lagi hijau segar.
  12. Jika digunakan bahan tambahan seperti udang atau cumi-cumi, maka udang atau cumi-cumi bisa direbus dahulu di tempat yang berbeda. Setelah matang, baru bisa dimasak bebarengan dengan waktu kangkung mulai dimasukkan dalam bumbu tumisan.
  13. Tumis kangkung ini sebaiknya disajikan ketika masih hangat sebagai pendamping hidangan lain seperti ikan goreng, tahu goreng, telur atau tempe goreng.

Contoh Procedure Text Tentang Makanan - How to Make Fried Rice

contoh procedure text tentang makanan - how to make fried rice

via taste.com.au

Contoh procedure text tentang makanan di bawah ini adalah prosedur bagaimana cara membuat nasi goreng.

Goal

This procedure text will explain an easy step to make delicious fried rice.

The key to be success in making fried rice is in the rice that is used. Use old and cold cooked rice.

You can cook the rice first with enough and not too much water so you will have unblocked rice that will be easier to be stirred. That kind of rice is also the key to make your fried rice looked perfect.

Okay, to start it, you can follow the preparation and the instruction listed below.

Materials

Basic ingredients

  1. 2 tablespoons oil
  2. 1 tablespoon vegetable oil
  3. 4 cups cold cooked rice
  4. ½ teaspoon salt
  5. ¼ teaspoon ground white pepper
  6. 2 tablespoons soy sauce
  7. 1 egg, dough

Additional ingredients

  1. Sliced fried chicken
  2. Fried shrimp

Aromatic Ingredients

  1. 2 tablespoons minced ginger
  2. ¼ teaspoon red pepper flakes

Vegetables

  1. 1 cup diced carrots
  2. 1 cup fresh corn kernels (young corn kernels)
  3. ½ cup fresh peas
  4. ½ cup chopped scallions

Equipment

  1. Large wok (better you use carbon steel wok)
  2. Thin spatula
  3. Flexible spatula for stir frying

Steps

  1. Cut the vegetables to a uniform size. Don’t grate it on the grater, use knife only. Set in a bowl for each ingredient.
  2. Prepare all of the ingredients near the stove.
  3. Cook the egg first to be an egg pancake. To do this is very simple, hit the wok (you can use small wok which is different from the wok to fried the rice) with small fire, add 1 tablespoon of oil, swirl the wok so that the oil will coat the surface. After that, add the dough egg and you can also add a little bit of salt and pepper. Wait until 30 second to one minute then roll it using spoon or small spatula (you can use both at the same time). After you have done it, slice the egg at the same size and add to the rice near the end of cooking.
  4. Set the wok to fry the rice. Hit the wok in a high capacity of your stove burner and wait until 30 second. Turn off the stove, wait for 10 second and add 1 tablespoon of oil then stir-fry the ginger and red pepper flakes for 10 second or until fragrant. Turn on your stove and set small fire. Add the carrot and stir-fry it for 20-30 seconds or until it looks bright orange. Add the corn and peas and continue to stir-fry for 1 minute.
  5. Add one tablespoon of oil and one tablespoon of vegetable oil.
  6. Add the rice and scallions, set a high fire and stir-fry for 2 minutes. Use flexible spatula to break up the rice.
  7. Add the salt and white pepper, stir-fry.
  8. Add the soy sauce and keep stirring for one minute.
  9. Add the slice of egg pancake, fried shrimp or sliced fried chicken and stir fry for 30 seconds and finish cooking.
  10. Dish it up fresh from the kitchen.
  11. You can add chips for the additional food.

Teks Prosedur Kompleks Tentang Cara Mengurus Kartu Pelajar

teks prosedur kompleks tentang cara mengurus kartu pelajar

via pinterest.com

Terakhir, contoh teks prosedur kompleks tentang cara mengurus kartu pelajar. Baik kartu pelajar yang diperuntukan untuk siswa baru ataupun untuk siswa yang kehilangan kartu pelajarnya.

Tujuan

Teks prosedur ini memberikan informasi mengenai cara mengurus kartu pelajar.

Biasanya tiap sekolah memiliki kebijakan yang berbeda untuk pembuatan kartu pelajar baik kartu pelajar untuk siswa baru atau kartu pelajar siswa lama yang hilang.

Namun tahap-tahap yang harus ditempuh siswa untuk mengurus kartu pelajar pada masing-masing sekolah rata-rata memiliki kesamaan.

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mengurus kartu pelajar.

Langkah-langkah

A. Untuk kartu pelajar siswa baru

Biasanya sekolah akan menjadwalkan pembuatan kartu pelajar bagi siswa baru dan wali murid masing-masing akan memberitahukan jadwalnya serta informasi selengkapnya. Selanjutnya, tiap siswa akan melakukan proses berikut ini:

  1. Datang ke ruang tata usaha sekolah.
  2. Meminta blanko/formulir untuk pembuatan kartu pelajar pada petugas yang sedang berjaga.
  3. Isi data diri sesuai dengan data diri untuk daftar masuk sekolah.
  4. Serahkan blanko yang telah terisi pada petugas. Selanjutnya petugas akan meminta kamu untuk menuju ruang foto.
  5. Memasuki ruang foto, rapikan rambut dan wajah agar foto di kartu pelajarmu tampak keren. Ikuti perintah dari petugas foto.
  6. Setelah sesi foto selesai, maka proses ini telah selesai. Kartu pelajar akan jadi sekitar 2 minggu atau menyesuaikan dengan kebijakan sekolah. Kartu pelajar bisa diambil di ruang tata usaha tersebut atau akan dibagikan oleh wali murid masing-masing kelas.

B. Untuk kartu pelajar yang hilang

Adakalanya sekolah tidak memiliki fasilitas lengkap sehingga jika kamu kehilangan kartu pelajar, kamu harus menunggu jadwal pembuatan kartu pelajar untuk siswa baru karena di momen itu sekolah telah mempersiapkan peralatan untuk pembuatan kartu pelajar ini.

Namun pada sekolah yang memiliki fasilitas bagus, kartu pelajar bisa dibuat sewaktu-waktu bilamana kartu pelajarmu hilang.

Berikut langkah-langkah yang harus kamu tempuh untuk membuat kartu pelajar baru.

  1. Meminta surat keterangan kehilangan di kantor kepolisian. Surat ini merupakan bukti resmi yang akan diminta oleh petugas sekolah.
  2. Datanglah di ruang tata usaha, temui petugas dan katakan keperluanmu.
  3. Petugas akan menanyakan beberapa hal tentang hilangnya kartu tersebut sekaligus meminta surat keterangan kehilangan dari kantor polisi. Nah, kamu tinggal memberikannya saja.
  4. Petugas akan memberikan blanko untuk kartu pelajar. Namun ada juga sekolah yang telah memiliki data base sehingga kamu tidak perlu lagi mengisi blanko kartu pelajar yang artinya kartu pelajarmu tinggal di cetak ulang.
  5. Setelah kamu mengisi blanko tersebut, petugas akan menyuruhmu duduk di ruang pemotretan.
  6. Setelah sesi foto selesai, kartu pelajarmu akan jadi dalam satu minggu atau sesuai dengan kebijakan sekolah.
Sharing is Caring

«

»


KATEGORI

BACAAN TERKAIT

Copyright © 2018 GudangPelajaranContact / Privacy Policy / Copyright / IP Policy / Term of Service
Top