GudangPelajaran

Kumpulan Materi Pelajaran

19+ Contoh Teks Eksposisi Lengkap : Pengertian, Fungsi dan Tujuan, Ciri-Ciri, Pola Pengembangan, Struktur Dan Kaidah

October 3, 2017

Contoh Teks Eksposisi - Artikel ini merupakan referensi yang paling bagus buat kamu yang sedang ingin menulis tentang teks eksposisi karena artikel ini tak hanya memberikan penjelasan terlengkap, namun juga disertai beragam contoh sederhana dan mudah dipahami dengan berbagai macam topik pembahasan tentang teks eksposisi.

Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian teks eksposisi adalah serangkaian tulisan atau karangan yang berisi informasi singkat, padat, jelas, dan ilmiah (non fiksi) mengenai suatu hal tertentu.

Banyak sekali jenis tulisan ilmiah yang ditulis dalam bentuk teks eksposisi, karena dalam tulisan tersebut, penulis lebih menekankan pemikirannya berdasarkan fakta dan data yang telah ia olah sedemikian rupa.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai pengertian teks eksposisi, teman-teman bisa membaca bagian berikutnya.

Fungsi dan Tujuan Teks Eksposisi

Fungsi dan tujuan dari teks eksposisi tak lain adalah untuk memberikan informasi berdasarkan data dan pemikiran penulis terkait dengan topik.

Oleh karena teks eksposisi ini banyak mengandung pemikiran penulis, maka teks ini sekaligus merupakan tulisan yang bertujuan untuk memberikan stimulus tertentu kepada pembaca agar pembaca tak hanya memperoleh suatu informasi namun juga bisa menerapkan informasi tersebut dalam suatu tindakan tertentu.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Terdapat lima ciri-ciri teks eksposisi, yaitu:

  1. Menjelaskan berbagai macam informasi dalam bentuk pengetahuan formal (tulisan ilmiah) dan informal (esai, artikel dan jenis tulisan lain yang tidak perlu diuji sebagaimana tulisan ilmiah).
  2. Berisi data yang diolah dengan perspektif dan pemikiran tertentu sehingga tidak menjadi informasi yang statis, melainkan dinamis.
  3. Mengajak pembaca untuk berdialektika dengan topik yang dituliskan.
  4. Cenderung menggunakan bahasa yang baku dan ilmiah (bukan bahasa gaul atau bahasa percakapan sehari-hari).
  5. Cenderung menjadi tulisan yang analitik karena disertai dengan argumentasi penulis berdasarkan data yang sesuai dengan topik tulisan.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Terdapat delapan macam jenis-jenis teks eksposis, yaitu:

  1. Teks Eksposisi Definisi
  2. Teks Eksposisi Proses
  3. Teks Eksposisi Ilustrasi
  4. Teks Eksposisi Laporan
  5. Teks Eksposisi Perbandingan
  6. Teks Eksposisi Pertentangan
  7. Teks Eksposisi Klasifikasi
  8. Teks Eksposisi Identifikasi

Macam-Macam Teks Eksposisi

Selain dari jenis-jenis teks eksposisi yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya, tema-tema dari teks eksposisi ada bermacam-macam, misalnya hukum, politik, kebudayaan, pendidikan, seni, kesehatan, sosial, filsafat, teologi, ekonomi, olah raga, pariwisata, kuliner, dan lain sebagainya.

Boleh dibilang berbagai jenis tema bisa dituliskan dalam bentuk teks eksposisi asalkan memenuhi kaidah penulisan teks eksposisi.

Struktur dan Kaidah Teks Eksposisi

Struktur teks eksposisi bisa dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Pernyataan Pendapat (Tesis); bagian ini merupakan bagian awal dari teks eksposisi yang berupa pendapat penulis berdasarkan fakta-fakta topik tulisan.
  2. Argumentasi; dengan menggunakan perspektif tertentu dan data-data tertentu, penulis mulai menjelaskan argumentasinya atas pernyataan pendapat yang telah ia kemukaan di awal tulisan.
  3. Pernyataan Ulang Pendapat; dari bagian argumentasi tersebut penulis mendapatkan pondasi kuat untuk menyatakan ulang pendapatnya (menguatkan pendapatnya yang telah dipaparkan di awal tulisan) yang sekaligus menjadi penutup dari satu bagian utuh tulisan tersebut.

Kaidah kebahasaan yang digunakan dalam menyusun teks eksposisi adalah sebagai berikut;

  1. Menggunakan bahasa baku/formal
  2. Menggunakan gramatika bahasa baku (tanda baca dan lain sebagainya).
  3. Menggunakan unsur bahasa berupa pronomina, konjungsi, dan leksikal.

Pola Pengembangan Teks Eksposisi

Teks eksposisi bisa disusun dengan pola pengembangan tertentu. Meski tidak ada aturan khusus, namun terdapat 4 macam pola pengembangan ideal yang sering digunakan dalam penyusunan teks eksposisi, yakni sebagai berikut:

  1. Membuat pola pengembangan teks dari umum ke khusus.
  2. Membuat pola pengembangan teks dari khusus ke umum.
  3. Memetakan data sebagai pendukung argumen.
  4. Memetakan argumentasi.

Apa yang dimaksud sebagai pola pengembangan teks dari umum ke khusus atau sebaliknya?

Umum dan khusus dalam konteks ini mewakili suatu jenis argumentasi.

Argumentasi umum merupakan argumentasi yang telah banyak dikenal orang.

Fungsinya adalah untuk menggiring pembaca sampai pada argumentasi khusus, yakni pemikiran inti dalam suatu paragraf yang didukung oleh argumentasi umum.

Tentunya dalam argumentasi umum, data faktual selalu disisipkan agar argumen tersebut tidak terkesan sebagai pengandaian tanpa dasar.

Bila data yang dipergunakan baik mutunya untuk menciptakan argumentasi umum, maka argumentasi khusus akan sangat kuat pengaruhnya.

Sebuah paragraf eksposisi bisa saja dimulai atau dibuka dengan argumentasi khusus lalu disusul kemudian dengan beberapa argumentasi umum sebagai penjabaran dari argumentasi khusus yang telah muncul di awal.

Sebaliknya, sebuah paragraf eksposisi bisa juga dimulai dengan serangkaian argumentasi umum yang disimpulkan dengan satu argumentasi khusus pada bagian akhir. Argumentasi khusus ini bisa juga disebut sebagai inti paragraf.

Contoh Paragraf Eksposisi

Berikut ini merupakan dua contoh paragraf eksposisi:

1. Dari Argumen Khusus ke Umum

Pemerintah Indonesia harus lebih konsisten untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Pemerintah Indonesia masih harus melakukan banyak perbaikan di bidang pendidikan karena jika dibandingkan dengan negara lain, Indonesia termasuk sebagai negara yang mutu pendidikannya kurang baik.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya daerah pelosok yang minim sekali fasilitas pendidikan. Contohnya, di daerah Papua masih banyak sekolah-sekolah non formal yang dikelola oleh sekelompok relawan dengan sumber dana seadanya.

2. Dari Argumen Umum ke Khusus

Pemerintah Indonesia masih harus melakukan banyak perbaikan di bidang pendidikan karena jika dibandingkan dengan negara lain, Indonesia termasuk sebagai negara yang mutu pendidikannya kurang baik.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya daerah pelosok yang minim sekali fasilitas pendidikan. Contohnya, di daerah Papua masih banyak sekolah-sekolah non formal yang dikelola oleh sekelompok relawan dengan sumber dana seadanya.

Oleh sebab itulah, pemerintah Indonesia harus lebih konsisten untuk meningkatkan mutu pendidikan.

# # # # #

Contoh Karangan Eksposisi - Seni

contoh karangan eksposisi - seni

via pinterest.com

Berikut ini merupakan contoh karangan eksposisi sederhana yang mengambil topik ‘seni’ sebagai pokok pembahasannya.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Setiap orang butuh seni dan hal ini terbukti dari hal-hal yang sepele seperti misalnya berdandan, memilih pakaian, mendengarkan musik, nonton film, hingga berkunjung ke galeri-galeri seni atau datang ke gedung pertunjukan untuk menonton teater atau tari.

Argumentasi

Selain pengetahuan dan spiritualitas, seni menempati posisi setara dengan kedua hal tersebut. Seni dalam hal ini bisa dikatakan sebagai cita rasa akan keindahan atau estetika.

Meskipun keindahan ini bersifat relatif, justru inilah yang melahirkan beragam jenis karya seni dari beragam latar belakang penciptaannya.

Namun demikian, seni dianggap seolah-olah hanya merupakan atau bahkan dianggap sebagai kebutuhan sekunder. Padahal, dalam keseharian manusia tak lepas dari pilihan-pilihan estetis seperti misalnya menyisir rambut.

Sementara itu, pengetahuan, ekonomi, dan keyakinan beragama dianggap menempati posisi yang lebih primer dari seni.

Jika disadari sekali lagi, seni atau balutan estetika hadir berserakan di sekitar manusia.

Jika melihat berbagai jenis produk dagangan di toko-toko, swalayan, pasar, sebagian besar produk tersebut dikemas dengan sedemikian rupa dan pengemasan ini tentu melibatkan nilai estetika.

Tak hanya itu, isi dalam kemasan tersebut didesain sedemikian rupa dan berbagai jenis dagangan di tata rapi agar mudah terlihat dan tampak menggoda untuk dibeli.

Makanan warung seperti nasi pecel hingga steak restoranpun tak lepas dari unsur seni. Hal ini bisa dilihat betapa penjual nasi pecel menyajikan dagangannya dengan penataan sedemikian rupa agar mengundang nafsu makan pembeli.

Barang-barang elektronik hasil teknologi tinggipun, selain diciptakan karena pengetahuan, juga dipasarkan dengan desain tertentu yang mana hal tersebut membutuhkan standar estetika tertentu.

Handphone atau laptop dari masa ke masa selalu mengalami perubahan wujud dan design.

Jika kemudian kita lihat seisi rumah kita, betapa banyak barang yang kita beli dengan berdasarkan selera.

Furniture misalnya, tentu dalam membeli kita tak hanya mempertimbangkan harga dan fungsinya, namun juga mempertimbangkan sesuai atau tidaknya model furniture tersebut dengan kondisi rumah kita.

Pernyataan Ulang Pendapat

Bila disadari kembali, batapa manusia tak mungkin bisa lepas dari seni dan hal ini menunjukkan bahwa seni menempati posisi yang penting baik dalam keseharian atau dalam situasi tertentu.

Sayangnya seni masih dianggap sebagai pelengkap saja.

Padahal, jika seni dipahami sebagai sesuatu yang penting dan disadari sebagai cara hidup, tentu seni menjadi salah satu materi yang wajib diperkenalkan semenjak manusia masih bayi karena bagaimanapun juga seni tak hanya hadir untuk dikonsumsi, namun juga memberi peluang untuk diciptakan dan penciptaan ini masih sangat berpeluang untuk menjadi sumber penghidupan.

# # # # #

Contoh Teks Eksposisi Pendek - Iklan

contoh teks eksposisi pendek - iklan

via pinterest.com

Contoh teks eksposisi pendek berikut ini mengambil topik ‘iklan’ sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Iklan merupakan salah satu komoditi penting yang menjadi sumber devisa negara.

Tak hanya itu, iklan juga merupakan sumber penghidupan bagi para bintang iklan, pembuat iklan, blogger, youtuber, event organizer, hingga warung bubur kacang ijo (burjo) 24 jam.

Sehingga, bisa dikatakan bahwa banyak orang yang menggantungkan nasibnya dari iklan.

Argumentasi

Iklan pada dasarnya bisa dipahami sebagai media komunikasi untuk memperkenalkan suatu produk tertentu ke pada publik melalui media masa seperti TV, Radio, Koran, Internet, atau papan reklame di pinggir jalan agar produk tersebut dikenal orang dan kemudian (harapannya) laku dikonsumsi orang.

Suatu produk harus diperkenalkan secara terus menerus melalui iklan karena iklan ini tidak akan bekerja efektif jika ditayangkan atau dihadirkan tidak secara terus menerus.

Kenapa harus demikian bahwa iklan ditayangkan terus menerus?

Pertama agar produk yang ditawarkan akan selalu diingat dan mengendap dalam alam bawah sadar seseorang sehingga ketika orang itu belanja ia akan cenderung memilih produk yang ditayangkan oleh iklan.

Produk sabun cuci misalnya, puluhan merek dapat ditemui di pasar, toko-toko, minimarket atau swalayan.

Barangkali mutu dan fungsi dari tiap-tiap produk tersebut tidaklah jauh berbeda, yakni untuk membersihkan cucian.

Namun demikian, produk yang gencar melancarkan iklan di berbagai media masa akan dipercaya sebagai produk bermutu tinggi meski harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan merk tidak terkenal yang harganya jauh lebih murah dan bisa jadi mutunya tak jauh beda.

Itulah sebabnya iklan terus menerus ditayangkan dan diperbaharui untuk produk yang barangkali mutunya tidak diperbaharui (hanya kemasannya yang baru).

Memasang iklan bukanlah hal yang murah. Secuil iklan sekian cm di koran bahkan bisa berharga puluhan ribu dalam sekali cetak.

Sementara itu, iklan yang ditayangkan di TV selama beberapa kali dalam seminggu bisa menghabiskan biaya ratusan juta hingga milyaran rupiah. Tentu angka tersebut sangat menggiurkan dan menjadi bisnis yang seksi baik dari pihak pengelola TV ataupun pembuat iklan.

Konon iklan yang paling sederhana dan yang paling awal muncul adalah iklan yang disampaikan dari mulut ke mulut.

Pada jaman dahulu sebelum ada media elektronik, perusahaan tertentu tak hanya menyiarkan iklan melalui media koran, poster atau selebaran, perusahaan-perusahaan tersebut juga rela membayar beberapa orang untuk disebar ke berbagai penjuru masyarakat untuk memperkenalkan produk dengan cara bercerita; menceritakan mutu, manfaat dan keunggulan dari suatu produk kepada masyarakat seolah ia telah mendapatkan manfaat yang mujarab dari produk tersebut.

Iklan model kuno tersebut sebenarnya masih sangat efektif dan relevan hingga sekarang dan hal tersebut bisa dibuktikan dari hidup kita sehari-hari.

Kita akan percaya dan akan memilih untuk membeli produk yang manfaatnya telah diceritakan oleh rekan kita yang telah terlebih dahulu menggunakannya.

Sebagaimana warung bakso yang laris lantaran enak dan pelayanannya memuaskan, pelanggan dari warung tersebut akan selalu menceritakan keberadaan warung tersebut kepada teman-temannya sehingga warung tersebut tak pernah sepi.

Justru iklan semacam ini sangat manjur dan tak perlu biaya sekaligus akan menyebar dengan sendirinya dari mulut ke mulut dengan catatan produk tersebut benar-benar memuaskan.

Pernyataan Ulang Pendapat

Semakin menarik suatu iklan ditayangkan, maka akan semakin mudah melekat dalam ingatan seseorang.

Semakin menarik suatu iklan tentu membutuhkan konseptor iklan yang kreatif dan inovatif. Tentu biaya pembuatan iklan ini tak kalah besar dari biaya menayangkan iklan.

Oleh karena itulah iklan tak hanya menjadi media komunikasi yang menawarkan sesuatu namun juga menjadi lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

# # # # #

Contoh Teks Eksposisi Singkat - Rokok

contoh teks eksposisi singkat - rokok

via pinterest.com

Berikut ini merupakan contoh teks eksposisi singkat dengan topik ‘rokok’ sebagai poin pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Rokok dan perokok banyak mendapatkan kritikan pedas saat ini karena asap rokok dianggap berbahaya bagi kesehatan para perokok sekaligus orang-orang yang hidup disekitar perokok.

Hal ini bisa dilihat dari maraknya kampanye anti rokok, banyaknya area bebas asap rokok, dan tanda peringatan di setiap bungkus kemasan rokok, cerutu, hingga tembakau.

Namun demikian, jumlah perokok tetaplah banyak dan cukai rokok masih menjadi salah satu sumber pendapatan negara unggulan.

Argumentasi

Tuduhan yang disertai bukti-bukti medis kepada rokok adalah bahwa rokok menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia.

Diberitakan bahwa banyak orang meninggal karena serangan jantung dan kanker dan sebagian besar dari orang tersebut merupakan perokok aktif dan pasif.

Oleh sebab itulah banyak orang yang phobia dan anti terhadap asap rokok. Berbagai kampanye anti rokok gempar diserukan dengan disertai bukti-bukti medis serta foto mengerikan dari korban asap rokok.

Lantas kenapa masih banyak perokok dan jumlah penjualan rokok masih stabil?

Perlu waktu lama bagi perokok agar mati gara-gara asap rokok dan itupun harus dalam kondisi khusus, yakni perokok tersebut rata-rata mengkonsumsi lebih dari 50 batang rokong dalam sehari, hidup dalam lingkungan yang penuh polusi, makan makanan yang tidak bagus bagi kesehatan tubuhnya, suka bergadang dan keluar malam, sering merokok dalam ruangan tertutup atau bahkan ruangan br AC, konsumen alkohol dan hal negatif lainnya.

Sehingga, diantara banyaknya korban meninggal karena rokok plus kondisi eksternal sebagaimana telah disinggung tersebut, masih banyak para perokok yang selamat hingga usia 70 bahkan hingga 90 tahun dan hal tersebut seolah mematahkan tuduhan bahwa rokok menyebabkan kematian.

Para perokok aktif banyak yang berkomentar sekalinya mereka dikritik seperti misalnya dengan menceritakan nasib orang lain yang tidak merokok tapi mati lebih dahulu karena hal-hal tertentu yang berkenaan dengan kesehatan dan tak jarang cerita-cerita tersebut membuat para perokok tidak merasa khawatir akan bahaya yang mengintai dari tiap helaan asap rokok.

Di sisi lain, merokok seakan telah terlanjur menjadi budaya yang sulit dihilangkan.

Kampanye anti rokok tentu memiliki lawan yang berat dalam hal ini karena kampanye anti rokok harus mampu melahirkan budaya tandingan, yakni kehidupan masyarakat tanpa asap rokok.

Pernyataan Ulang Pendapat

Banyak orang yang tidak takut akan bahaya rokok meski kampanye rokok telah gencar dilakukan bahkan dengan cara ekstrim.

Salah satu penyebabnya adalah karena masih banyak perokok yang tetap hidup dan berumur panjang serta tidak terganggu kesehatannya gara-gara rokok dan hal inilah yang menjadi fakta pembantah bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan.

# # # # #

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi - Cinta

contoh teks eksposisi ilustrasi - cinta

via pinterest.com

Contoh teks eksposisi ilustrasi berikut ini mengambil topik "cinta" sebagai pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Cinta itu seperti mimpi.

Seorang pakar psikoanalisi, Jaques Lacan, mengatakan bahwa cinta itu memang ada, obyek cinta memang ada, namun manusia tak pernah sepenuhnya bisa memilikinya.

Sekalinya manusia telah mendapatkan objek yang dicintainya, misalnya kekasihnya, maka rasa cinta yang ia rasakan sebelum ia mendapatkan hati kekasihnya telah pindah ke objek yang lain yang belum ia dapatkan.

Bisa dibilang rasa cinta memang abadi, namu tidak untuk objek yang dicintainya. Yang membuat seseorang bertahan dengan kekasihnya atau keluarganya adalah komitemen, rasa sayang dan kasih; tentunya hal ini berbeda dengan cinta.

Argumentasi

Cinta membuat seseorang menjadi sangat berenergi dan kreatif.

Barangkali inilah yang terpenting dari fungsi cinta karena dengan demikian manusia selalu terdorong untuk bergerak dan berinovasi terus menerus demi mendapatkan objek yang dicintainya.

Tentu objek cinta tidak melulu manusia yang hendak dijadikan kekasih, namun bisa berupa benda-benda lainnya.

Lantas apa yang membuat cinta ini muncul dalam benak seseorang?

Cinta merupakan dampak dari perhatian ibu kepada anaknya. Sejak masih bayi, sang ibu selalu memberikan segalanya agar bayinya merasa nyaman.

Dalam situasi ini sang bayi mendapatkan pemenuhan atas apa yang ia butuhkan. Namun lambat laun seiring dengan pertumbuhan bayi, ia diajarkan untuk semakin mandiri dan berpisah dengan ibunya dalam pengertian disapih.

Rasa inilah yang sangat tidak nyaman; keterpisahan tersebut menyisakan trauma dalam bawah sadar sang anak, ia harus mencari objek cinta yang lain selain ibunya.

Tetapi yang selanjutnya terjadi adalah ketika seseorang sudah mendapatkan objek cintanya, rasa cinta itu selalu pindah ke objek lain. Inilah dilema manusia yang tak bisa dipungkiri.

Manusia boleh saja berkata setia, namun imajinasi tidak. Objek cinta ini selalu menggoda dalam ruang-ruang imajinasi; ruang-ruang yang tak bisa dibatasi dengan norma dan hukum.

Bila objek cinta selalu berubah-ubah, lantas apa yang membuat seseorang merasa cemburu bila kekasihnya didekati orang lain?

Jika demikian, secara otomatis sang kekasih yang sedang didekati orang lain akan kembali menjadi objek cinta.

Namun jika situasi telah aman, cinta ini akan mencari objek yang lain meski barangkali hanya ada dalam ruang imajiner. Hal ini terjadi secara terus menerus.

Lantas apa yang membuat seseorang tega meninggalkan kekasihnya?

Tentu ketika sudah tidak ada lagi kepuasan dan kepenuhan sebagaimana masa-masa awal orang tersebut mencintai kekasihnya.

Dengan kata lain, muncul objek cinta yang lain yang lebih menarik dan memberikan fantasi akan kepenuhan yang ia cari dan tak ia dapatkan pada kekasihnya.

Pernyataan Ulang Pendapat

Sekali lagi, cinta ibarat mimpi.

Cinta tak benar-benar memiliki objek yang pasti sehingga justru ketidakpastian inilah yang membuat seseorang bertahan hidup untuk terus menerus mencari pemenuhan.

Meski cinta selalu selalu bergerak dari satu objek ke objek lainnya, namun ada hal yang membuat seseorang setia, yakni komitmen, sayang dan kasih yang tentunya hal ini berbeda dengan cinta.

# # # # #

Contoh Teks Eksposisi Identifikasi - Ikan Arwana Silver

contoh teks eksposisi identifikasi - ikan arwana silver

via pinterest.com

Contoh teks eksposisi identifikasi kali ini menggunakan topik ikan arwana silver sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Ada beragam jenis ikan arwana yang salah satunya adalah ikan arwana silver.

Ikan ini boleh dibilang lebih ekonomis dan mudah dikembangbiakkan jika dibandingkan dengan ikan arwana jenis lain.

Jarang para hobiis ikan arwana memelihara ikan ini karena dinilai kurang eksotis dan kurang bernilai bisnis.

Namun demikian, bagi kalangan kelas bawah atau pemula, memelihara ikan arwana silver ini menyenangkan lantaran gampang-gampang susah dan minim resiko.

Argumentasi

Ikan arwana silver (Osteoglossum Bicirrhosum) berasal dari sungai amazon, Rupunini, dan Oyapok, Amerika Tengah.

Di habitat aslinya, ikan ini termasuk jenis predator yang memangsa ikan-ikan kecil, katak, udang, serangga, atau bahkan binatang-binatang kecil seperti burung dan tikus yang jatuh ke air.

Disebut sebagai arwana silver karena seluruh permukaan sisiknya berwarna perak atau silver.

Bila dibandingkan dengan ikan arwana lainnya, ikan arwana silver merupakan ikan arwana yang memiliki postur tubuh paling ramping dan panjang. Bagian kepala dari ikan ini besar dan semakin ke belakang semakin kecil meruncing.

Ikan ini belum dilindungi undang-undang dan belum ditetapkan sebagai binatang langka dan oleh karena itulah ikan arwana silver masih sangat mudah ditemui di pasar ikan hias.

Harganya sangat terjangkau, yakni mulai dari 70 ribu rupiah saja (ukuran paling kecil). Meski demikian, ketika ikan ini sudah besar, harganya mulai naik dan tidak lagi murah.

Ikan arwana silver ini bisa mencapai ukuran 122 cm jika berada di alam liar, namun bila dipelihara dalam aquarium, panjang dari ikan arwana silver ini sulit untuk melebihi 80 cm.

Ikan arwana silver tak kalah cantik jika dibandingkan dengan arwana lainnya bila sudah dewasa karena ukurannya yang besar dan gerakannya yang anggun merupakan daya tarik tersendiri.

Terlebih, ikan arwana silver ini tak membutuhkan banyak makan ketika sudah mulai beranjak dewasa karena jika diberi makan berlebihan, justru akan berdampak buruk bagi kesehatan mata ikan arwana silver ini.

Untuk memelihara ikan arwana silver tak membutuhkan peralatan khusus yang mahal, cukup dengan air bersih bersirkulasi baik (menggunakan pompa air/aerator) dalam aquarium yang berukuran besar.

Hal ini tentu berbeda dengan perawatan arwana super red, misalnya, yang membutuhkan peralatan canggih dan perawatan khusus agar ikan tersebut tampak cantik sempurna.

Salah satu kemudahan lain dalam merawat ikan arwana silver adalah ikan ini bisa dipelihara berkelompok dan tidak akan saling menyerang antar sesama arwana silver, namun bila ikan ini dipelihara dengan ikan jenis lain yang berukuran lebih kecil, bisa dipastikan ikan yang lebih kecil tersebut akan diserang terutama ketika ikan arwana silver ini sedang lapar.

Pernyataan Ulang Pendapat

Meskipun jarang diminati karena kalah pamor dengan ikan arwana jenis lainnya, ikan arwana silver sebenarnya memiliki keanggunan tersendiri terlebih ketika ikan ini sudah berukuran maksimal dalam aquarium.

Terlebih, jika ikan ini dipelihara lebih dari satu ekor, selain akan berpeluang untuk berkembang biak, tentunya kecantikan dari beberapa ekor ikan arwana silver dalam satu wadah akan memberikan keindahan tersendiri.

# # # # #

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan - Pencemaran Lingkungan

contoh teks eksposisi tentang lingkungan - pencemaran lingkungan

via pinterest.com

Contoh teks eksposisi tentang lingkungan ini akan mengambil topic pencemaran lingkungan sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Lingkungan yang bersih merupakan salah satu syarat untuk menunjang kehidupan yang sehat, baik sehat secara rohani maupun jasmani.

Kebersihan lingkungan semestinya merupakan hal yang serius dan harus diterapkan dengan sungguh-sungguh, namun sayangnya banyak yang belum terbiasa untuk hidup bersih dan sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan sehingga pencemaran lingkungan masih terjadi di mana-mana.

Argumentasi

Setidaknya ada empat jenis pencemaran lingkungan yang sangat mengganggu kenyamanan, yakni pencemaran tanah, pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran suara.

1. Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah umumnya terjadi karena banyak yang membuang sampah dan limbah sembarangan.

Namun demikian, ada hal lain yang menyebabkan terjadinya pencemaran tanah, yakni penggunaan pupuk kimia secara terus menerus yang berdampak pada ketidakstabilan struktur tanah.

Imbasnya, tanah tak hanya akan menjadi tandus dan gersang, namun juga rawan erosi serta longsor.

Sementara itu, pada kasus pembuangan sampah yang tidak semestinya akan membuat lingkungan menjadi kotor dan tak enak untuk dilihat.

Tidak hanya itu, sampah yang menumpuk atau berserakan dimana-mana juga akan mengundang berbagai jenis binatang pembawa penyakit seperti misalnya tikus, kecoa dan lalat.

Salah satu jenis sampah yang sangat berbahaya bagi tanah adalah sampah plastik karena plastik sangat sulit terurai dan bisa tersimpan selama bertahun-tahun di tanah dalam bentuk utuh, padahal dalam satu hari di seluruh dunia lebih dari 1 ton plastik berakhir menjadi sampah.

Semestinya sampah plastik ini tidak dibuang begitu saja, namun diolah kembali agar menjadi produk daur ulang atau menjadi sumber energi alternatif.

Meskipun sampah plastik ini dibuang di tempat sampah pada setiap rumah, namun sampah-sampah plastik ini pada akhirnya akan menumpuk di tempat pembuangan sampah.

Sudah bisa dipastikan tanah yang dijadikan tempat pembuangan sampah sementara atau akhir akan menjadi tanah dengan kualitas yang buruk.

Dalam kurun waktu yang lama, jumlah sampah ini tidak akan berkurang namun justru akan semakin bertambah sehingga dibutuhkan lahan pembuangan sampah yang lebih luas lagi.

Hal ini tentu saja mengerikan karena sampah plastik ini nantinya akan menjadi ancaman bagi kehidupan di masa depan.

2. Pencemaran Air

Seperti halnya pencemaran tanah, pencemaran air diakibatkan dari kebiasaa buruk manusia membuang sampah sembarangan; sungai merupakan salah satu area untuk membuang sampah.

Sampah-sampah yang dibuang di sungai sebagian besar akan ikut terbawa arus dan akan menumpuk di hulu sungai atau area penyaringan dan bendungan, sementara sebagian lainnya akan mengendap di dasar sungai atau terdampar di pingir sungai.

Jenis sampah yang sangat berbahaya bagi sungai adalah sampah plastik dan limbah dari pabrik-pabrik yang mengalirkan limbahnya ke sungai. Selain itu ada pula yang namanya limbah kimia yang dihasilkan oleh pabrik tertentu.

Bila limbah kimia ini tidak diolah terlebih dahulu hingga netral, maka jika limbah ini dibuang di sungai atau di sumur limbah, bahan kimia tersebut akan mencemari air di sepanjang sungai atau daerah dekat sumur-sumur limbah tersebut.

Di kota besar yang padat penduduk seperti Jakarta misalnya, tumpukan sampah di sungai merupakan ancaman serius yang selalu menimbulkan masalah setiap kali musim hujan datang.

Sampah yang menumpuk di sungai akan menyumbat aliran sungai dan menyebabkan air meluap hingga ke pemukiman dan menggenang dalam kurun waktu tertentu.

Di daerah lain di Jawa Barat misalnya, baru-baru ini digemparkan dengan terjadinya beberapa kali banjir bandang di beberapa wilayah yang menyebabkan sejumlah kerusakan serius.

Tentunya banjir ini disebabkan oleh sampah yang menyumbat aliran sungai.

3. Pencemaran Udara

Pencemaran udara terbanyak disebabkan oleh asap kendaraan bermotor dan asap industri pabrik.

Saat ini jumlah kendaraan bermotor semakin meningkat dan terus menerus meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Tentu jumlah polusi dari sisa pembakaran di mesin akan meningkat di udara.

Pencemaran udara ini kini telah menjadi ancaman global yang menyebabkan peningkatan suhu bumi atau pemanasan global.

Tentunya pemanasan global ini akan mengancam seluruh kehidupan makhluk hidup di bumi karena pemanasan global tak hanya akan mencairkan seluruh lapisan es di kutub utara dan kutub selatan namun juga akan menyebabkan terjadinya perubahan iklim.

Perubahan iklim ini tentu juga akan sangat berpengaruh diberbagai bidang terutama di bidang pertanian dan peternakan.

Selain itu, pencemaran udara ini sudah jelas akan mengganggu kesehatan.

Pastinya radikal bebas yang mencemari udara akan ikut terhirup masuk kedalam tubuh. Pada batas tertentu, tumpukan radikal bebas di dalam tubuh ini akan menimbulkan penyakit serius seperti misalnya kanker.

4. Pencemaran Suara

Pencemaran suara meskipun bisa dibilang sebagai pencemaran kategori ringan namun sangat mengganggu ketenangan.

Pencemaran suara merupakan munculnya berbagai suara bising dari berbagai sumber seperti suara mesin, klakson, dan lain sebagainya yang menghasilkan suara bising dan tidak menenangkan.

Pernyataan Ulang Pendapat

Pertambahan jumlah penduduk memiliki konsekuensi bertambahnya jumlah pencemaran lingkungan bila hal ini tidak menjadi kesadaran bersama.

Lingkungan merupakan masa depan bersama yang sama pentingnya dengan kepentingan pribadi.

Lingkungan yang rusak parah akan menyebabkan sulitnya bertahan hidup, sebaliknya, lingkungan bersih mempermudah kehidupan manusia.

# # # # #

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan - Kesehatan Gigi

contoh teks eksposisi tentang kesehatan - kesehatan gigi

via pinterest.com

Contoh teks eksposisi tentang kesehatan kali ini akan menggunakan topik menjaga kesehatan gigi sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Sakit gigi seringan apapun, rasa sakitnya tentu sangat tidak membuat nyaman, terlebih jika sakit gigi ini merupakan sakit gigi golongan sedang hingga berat, dampak yang ditimbulkan bisa sangat serius yakni mulai dari sukar makan, tidak bisa tidur, pusing, daya tahan tubuh menurun hingga demam yang disertai bengkak di sekitar gusi hingga menjalar ke pipi dan leher.

Oleh karena itu, ada baiknya menjaga kesehatan gigi sedini mungkin sebelum gigi mengalami kerusakan dan menimbulkan rasa sakit yang tidak menyenangkan.

Argumentasi

Menjaga kesehatan gigi bukanlah hal yang sulit sebenarnya, namun karena hal ini tidak sulit, kadang-kadang kita lupa untuk disiplin melakukannya.

Ada baiknya menjaga dan merawat gigi dilakukan secara rutin sejak masih kanak-kanak sehingga aktivitas ini bukan lagi merupakan kewajiban, melainkan kebutuhan.

Hal yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan cara membiasakan diri melakukan gosok gigi. Bila sudah terbiasa, dengan sendirinya mulut akan terasa tidak nyaman jika belum gosok gigi.

Idealnya, sehabis makan makanan berat hendaknya gosok gigi ini dilakukan. Namun jika dirasa berlebihan, gosok gigi bisa dilakukan minimal 2-3 kali sehari, yakni setelah bangun tidur (pagi hari), siang hari, dan malam hari sebelum beranjak tidur.

Untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi dengan cara gosok gigi, gunakan sikat gigi yang pas dan nyaman untuk mulut.

Masing-masing orang memiliki struktur mulut dan gigi yang berbeda-beda sehingga membutuhkan jenis sikat gigi yang berbeda.

Selain itu, gunakanlah pasta gigi yang paling terasa nyaman dan tepat untuk merawat gigi, bila perlu mintalah saran dokter untuk memilih pasta gigi yang sesuai dengan kondisi gigi.

Selain gosok gigi, untuk merawat kesehatan gigi, sebaiknya setiap 6 bulan sekali datang ke dokter gigi.

Saat ini sudah tersedia fasilitas kesehatan gigi gratis atau murah di puskesmas atau rumah sakit daerah sehingga biaya dokter yang lumayan mahal tersebut tak perlu lagi dikhawatirkan.

Salah satu manfaat memeriksakan gigi ke dokter adalah untuk membersihkan karang gigi yang tak bisa dibersihkan dengan cara menggosok gigi.

Selain hal-hal tersebut, merawat gigi bisa dilakukan dengan cara memperhatikan pola makan.

Gigi akan cepat rusak bila mengalami perubahan suhu yang mendadak, misalnya setelah makan makanan panas langsung minum es; sebaiknya hal ini dihindari.

Di samping itu, kurangilah makan-makanan yang sangat keras dan sangat manis karena makanan keras bisa mengikis lapisan gigi dan makanan manis memicu terjadinya pengeroposan gigi.

Dan yang tak kalah penting, hindari mengunyah makanan dengan hanya cenderung menggunakan bagian mulut sebelah kiri atau kanan saja.

Pernyataan Ulang Pendapat

Menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang sangat penting mengingat gigi bekerja setiap hari dalam rangka mengunyah makanan yang diperlukan untuk tubuh.

Jika gigi sakit, otomatis hal ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman setiap saat dan terutama ketika makan.

Jika makan sudah sulit, tentu hal ini akan menurunkan daya tahan tubuh dan imbasnya tubuh akan rentan terserang penyakit.

# # # # #

Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik - Penyelewengan

contoh teks eksposisi tentang politik - penyelewengan

via portalsatu.com

Contoh teks eksposisi tentang politik kali ini mengunakan topik penyelewengan politik sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Pergolakan politik di indonesia semakin hari semakin membuat masyarakat resah. Padahal semestinya aktivitas politik ini ditujukan untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Hal ini bukan berarti tidak ada aktivitas politik yang bernuansa positf, hanya saja saat ini aktivitas politik dominan diwarnai dengan nuansa negatif yang berpotensi memecah belah persatuan NKRI, terlebih jika agama dan ras dijadikan kendaraan politik.

Argumentasi

Hingga saat ini perang politik dengan kedok agama justru tidak semakin padam pasca vonis penjara yang ditujukan kepada Ahok.

Media masa yang terus menerus meliput peristiwa ini justru semakin membuat masyarakat panas dan jengah melihat aksi saling hujat antar pihak yang dimulai oleh ormas anti Ahok dan dilanjutkan oleh kalangan luas.

Senetral apapun usaha pemerintah (baca: Jokowi) dalam menegakkan hukum dan demokrasi atas permintaan rakyat justru seolah menjadi bumerang karena masih ada banyak pihak yang menuduh bahwa Jokowi ingin balas dendam atas vonis yang menimpa sahabatnya itu.

Tak hanya itu, pertikaian politik antar partai politik di kursi DPR hingga DPRD yang mengatasnamakan kepentingan rakyat namun berujung pada kepentingan ekonomi kelompok tertentu (baca: korupsi) juga turut mewarnai keruhnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

Sekali lagi masyarakat ditempatkan pada harapan kelabu untuk memiliki pemerintah yang solid dan kompak untuk bekerja demi kesejahteraan rakyat.

Namun yang sebenarnya berbahaya namun sulit untuk disadari adalah situasi politik saat ini yang sangat mirip dengan politik adu domba ala VOC namun beda kasus dan bentuknya.

Hal ini merupakan ancaman bagi keutuhan NKRI serta ancaman bagi keberadaan kaum minoritas.

Mungkin hal ini terasa berlebihan, namun bukan berarti hal ini tak mungkin berpeluang untuk menjadi kenyataan, yakni NKRI bubar dan terjadi pembantaian serta kerusuhan di mana-mana dan ujung-ujungnya Indonesia sekali lagi sangat mungkin untuk dikuasai oleh pihak asing.

Apakah hal tersebut buruk jika Indonesia dikuasai pihak asing?

Tentu tak lebih baik dari keadaan hari ini mengingat pada masa lalu atau karakter dari kolonialisasi, pihak pribumi cenderung dipandang rendah dan kurang dihargai atau bahkan tidak memiliki kekuatan hukum sehingga pribumi tak mendapatkan kehidupan yang adil sepenuhnya.

Pernyataan Ulang Pendapat

Sebelum hal-hal buruk akan terjadi seiring dengan situasi politik yang mengarah ke perpecahan, semestinya masing-masing individu tak memikirkan ego dan kepentingan hari ini saja, namun memikirkan kehidupan di masa depan yang mana tak akan pernah indah bila rasa persatuan dan kesatuan, rasa cinta kasih telah digeser oleh amarah, keserakahan, dan imaji-imaji palsu akan kebenaran tunggal.

# # # # #

Contoh Teks Eksposisi Bahasa Inggris - The Importance of Jogging

contoh teks eksposisi bahasa inggris - the importance of jogging

via pinterest.com

Contoh teks eksposisi berbahasa inggris ini menggunakan topik the importance of jogging to keep us healthy sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Sickness is the enemy of everyone in this world.

We spend more and more money to go to the doctors, stay some night at the hospital, and also buy some medicine or expensive food or supplement to keep us healthy.

And perhaps, some of us are being paranoid for many thinga which are issued causing sickness such us polution or bad food.

In fact, it is easy to keep our body healthy just by doing some excercise such us jogging at every morning.

Argumentasi

Jogging at the morning time is no doubt effective to keep our body always in a healthy condition.

Jogging is not difficult or too hard to do but most of us are lazy to do or we don’t wont to wake up early for the reason that we will have so many thing to do in that day so therefore we dont want to spend the energy just for jogging.

It is just a matter of false perspective; for the first time jogging is tiring.

But for the next, after we make it as a habbit, it will make us always fit a long the day even we will have hard job to do.

Jogging is not about running actually, but it is also a matter of managing our body and mind unconciously so that we will never get sick except we got some accident.

Jogging is one of the cheapest way to protect our body rather than doing physical exercise in the gymnasium.
Pernyataan Ulang Pendapat

So, why do we think and do so hard to keep our health if we can do it easily by jogging everyday in the morning?

We just need to keep that as a habbit and after that jogging is no more seems like hard duty but our body’s need just like eating or our mind’s need just like refreshing.

# # # # #

Contoh Teks Eksposisi Bahasa Jawa - Ngingah Ulam Lele

contoh teks eksposisi bahasa jawa - ngingah ulam lele

via organichcs.wordpress.com

Contoh teks eksposisi bahasa jawa kali ini akan menggunakan topik pemeliharaan ikan lele sebagai poin pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Ngingah ulam lele sakmenika teksih dados peluang bisnis ingkang sae.

Sanesipun pasar lele ingkang mboten nate sepi, ngingah lele menika mboten mbetahaken biaya kathah ugi mboten angel kados ulam sanesipun.

Argumentasi

Senadyan ngingah ulam lele sakmeniko mboten rekaos, nanging tetep mbetahaken persiapan ingkang sae. Sakmenika poin-poin ingkang saged dipun siapaken sakderengipun mulai ngingah ulam lele.

1. Kolam

Sakniki ngingah lele saged ngagem media kolam terpal ingkang murah biayanipun ugi mboten permanen supados menawi mbenjing pun mboten ngersaaken ngingah lele, kolam sakmenika saged gampang dipun bongkar.

Ngingah lele teng kolam terpal lan kolam semen sakmenika sami mawon. Sing penting nggih kolam menika mboten diiseni ulam ngantos cacahipun kakean.

Kolam ukuran 2x3 meter menika saged nampung ulam lele kirang luwih 300 kang saged dipun panen 3 sasi saking ulam menika teksih alit ngantos cekap dipun sade kagem ulam konsumsi.

Catetan penting teng poin menika njih toya teng kolam menika sak sampunipun dipun isekaken teng kolam mboten saged langsung dipun iseni bibit lele.

Toya menika dipun tengga rumiyin kirang luwih 2 minggu banjur saged dipun isi benih lele. Menawi mboten ngoten, bibit lele menika bakal kathah ingkah mati amargi banyunipun teksih anyar lan dereng kathah mikroorganisme ingkang sampun mapan.

2. Winih

Winih lele ingkang sae menika njih winih kang mboten loyo, mboten ngambang, wernonipun ireng cerah tanpo enten bercak putih napa abang, seneng obah lan seneng teng dasar kolam golek pakan.

3. Pakan

Pakan lele menika gampang amargi sakniki enten pelet kagem lele ingkang teksih nener. Menawi mboten enten cacing sutra, pelet menika nggih saged dados pakan utama.

Lele ingkang sampun umur 1 sasi menika sampun saged mangan menapa mawon kados cacahan bekicot, kerang, limbah potongan ayam, pelet, ngantos telek pitik ternak.

Nanging, lele ingkang sae menika njih lele ingkang pakanipun sae kados pelet lele lan kewan-kewan alit kados bekicot, kerang, cacing, lan sanesipun.

Lele menika dipun pakani minimal sedina kaping kalih, enjing lan sonten.

Luwih sae menawi ngingah lele menika, saben 1 sasi sepindah ulam-ulam menika dipun pilah-pilah lan dipisah, dados lele sing bongsor dipun dadekne setunggal kalian lele ingkang podo ukuranipun, ugo lele ingkang alit-alit dados lele ingkang bongsor menika mboten bakalan mangsa lele ingkang alit.

4. Panen

Menawi pakanipun sae kirang luwih lele umur 3-4 sasi menika saged dipanen kagem ulam konsumsi.

Biasanipun manen lele menika dipun barengaken kaliyan nguras kolam dados sakwisipun dipun panen, kolam saged dipun isi kaliyan winih lele ingkang enggal.

Pernyataan Ulang Pendapat

Pasaran ulam lele menika mboten nate macet, mulo niku ternak lele saged dados peluang bisnis ingkang sae amargi ngingah lele menika mboten angel lan mboten mbetahaken biaya kathah.

# # # # #

Contoh Teks Eksposisi Pendidikan - Guru Honorer

contoh teks eksposisi pendidikan - guru honorer

via kompas.com

Contoh teks eksposisi pendidikan ini mengambil topik guru honorer sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Salah satu kunci keberhasilan pendidikan adalah kinerja dari para pendidik sekaligus pengajar.

leh karena itulah selain daripada fasilitas pendidikan yang perlu ditingkatkan untuk membantu proses belajar mengajar, nasib para pendidik ini juga harus diperhatikan karena bagaimanapun juga mutu hidup atau jaminan hidup pengajar menjadi penentu mutu kinerja mereka dalam mengajar para siswa.

Sayangnya, hingga saat ini nasib ribuan guru honorer masih menyedihkan padahal mereka dituntut untuk bekerja sebagaimana yang dilakukan oleh guru tetap.

Argumentasi

Demonstrasi yang dilakukan oleh para guru honorer beberapa pekan lalu dibeberapa daerah menunjukkan bahwa pemerintah harus mengevaluasi sekali lagi kebijakan-kebijakan untuk pendidikan khususnya soal pengangkatan guru honorer yang telah bekerja bertahun-tahun dengan gaji yang jauh lebih buruk dari pendapatan seorang juru parkir.

Di beberapa daerah di Jawa Timur misalnya, para guru honorer SD hanya mendapatkan upah bulanan tak lebih dari 400 ribu rupiah saja.

Sementara, mereka melakukan pekerjaan penuh dari pagi hingga siang sebagaimana yang dilakukan oleh guru tetap.

Tentu saja para guru honorer ini bertahan karena masih berharap kelak mereka akan diangkat menjadi guru tetap alias pegawai negri yang mendapatkan gaji layak serta tunjangan untuk masa pensiun.

Harapan tersebut diperkuat dengan fakta bahwa banyak guru yang telah pensiun sementara pengangkatan guru baru tak kunjung dimulai.

Di beberapa sekolah, bahkan guru tetapnya berjumlah setengah dari yang semestinya dan setengahnya lagi diisi oleh para guru honorer.

Jika dlihat dari segi umur, banyak sekali guru tetap yang telah berumur lebih dari 50 tahun dan akan segera pensiun.

Tentu dengan gaji yang sangat rendah tersebut, seorang guru honorer tak akan sanggup untuk bertahan hidup bila ia hanya mengandalkan gajinya.

Apabila bertahan hidup saja susah, bagaimana seorang guru akan bersemangat untuk mengajar dan mendidik murid-muridnya? Tentu hal ini akan menjadi kendala dalam bidang pendidikan.

Namun yang lebih mengerikan adalah apabila para guru honorer ini menyerah dan memutuskan untuk mencari pekerjaan lain, akibatnya bisa fatal yakni dalam kurun waktu yang belum bisa ditentukan banyak sekolah akan kekurangan tenaga pengajar dan imbasnya adalah jam kosong di beberapa jenis mata pelajaran atau bahkan jam kosong di suatu kelas hingga seharian penuh.

Apabila tidak ada pengangkatan guru baru dan para guru honorer ini angkat kaki, bisa diprediksikan bahwa kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah akan tersendat atau bahkan berhenti untuk sementara waktu sampai datang waktunya pengangkatan guru baru atau ada yang mau jadi guru honorer selanjutnya.

Pernyataan Ulang Pendapat

Guru adalah salah satu unsur terpenting dalam dunia pendidikan.

Nasib guru menentukan nasib pendidikan karena bagaimanapun juga logika tak akan jalan tanpa adanya logistik; bila guru honorer tetap saja mendapatkan upah yang sangat rendah dan tidak sebanding dengan pengabdian dan jerih payah yang mereka lakukan, dalam waktu dekat akan muncul masalah besar dalam bidang pendidikan.

Oleh karena itulah sudah semestinya pemerintah mengantisipasi hal ini sebelum menjadi permasalahan yang serius.

# # # # #

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi - Ekonomi Pertanian

contoh teks eksposisi tentang ekonomi - ekonomi pertanian

via pinterest.com

Contoh teks eksposisi tentang ekonomi berikut ini mengambil topik ekonomi pertanian sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Seluruh masyarakat indonesia tidak akan makan jika tidak ada aktivitas pertanian.

Namun ironisnya, sebagian besar petani, khususnya para buruh tani, kesulitan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi.

Hal ini seharusnya tidak boleh terjadi, namun kenyataannya lain; justru para tengkulak dan pedagang yang mendapatkan banyak keuntungan dari seluruh aktivitas pertanian.

Argumentasi

Salah satu penyebab keterpurukan ekonomi para buruh tani adalah kehadiran para tengkulak yang lebih mendominasi dan mempermainkan harga hasil tani.

Hal ini adalah fenomena yang telah terjadi sejak dahulu kala dan masih berlanjut hingga saat ini sehingga seolah-olah nasib para petani berhenti di satu titik.

Penyebab kedua dari keterpurukan ekonomi para buruh tani adalah kurangnya perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan petani.

Andaikan pemerintah lebih intens dalam memperhatikan kesejahteraan para petani, mungkin semangat dan taraf hidup petani akan semakin meningkat sehingga hal ini akan memicu pertumbuhan kemajuan di bidang pertanian dalam hal ekonomi, inovasi, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, menjadi petani mungkin merupakan alternatif kerja yang mulai dilirik karena menjadi petani bisa hidup makmur.

Sayangnya hal tersebut belum terwujud dan oleh karena hidup petani masih jauh dari makmur, maka banyak generasi muda yang tak ingin memiliki cita-cita menjadi petani; menjadi petani dianggap sebagai kerja yang tidak bergengsi.

Lain halnya dengan pertanian di negara-negara maju yang mana menjadi petani merupakan hal yang luar biasa dan tidak sembarang orang bisa melakukannya.

Padahal, meski pertumbuhan penduduk semakin pesat, area atau lahan pertanian di indonesia masih sangat luas dan jauh lebih luas jika dibandingkan dengan area pertanian di negara lain.

Namun demikian, produksi pertanian di indonesia boleh masih kalah dengan negara-negara dengan wilayah lebih sempit seperti misalnya Thailand, India, China, Vietnam, atau bahkan negara-negara maju di Amerika dan Australia.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Tentu saja salah satu sebabnya adalah keterpurukan hidup para petani sehingga inovasi kreatif untuk meningkatkan produksi pertanian terhambat.

Yang ada para petani belum mengembangkan segala bentuk peluang pertanian yang ada karena lebih sibuk untuk bertahan hidup.

Pernyataan Ulang Pendapat

Seandainya Pemerintah Indonesia mengutamakan pertanian sebagai basis ekonomi negara, maka sudah semestinya nasib para petani akan membaik.

Namun sayangnya pemerintah lebih mengedepankan industri dan sektor bisnis lain yang justru bukan akar dari kekayaan tanah air Indonesia sehingga negara ini selalu berada di posisi terombang-ambing karena tidak berpijak pada basis ekonomi yang semestinya, yakni pertanian.

# # # # #

Contoh Pidato Teks Eksposisi - Toleransi Antar Umat Beragama

contoh pidato teks eksposisi - toleransi antar umat beragama

via pinterest.com

Contoh pidato teks eksposisi berikut ini menggunakan topik toleransi antar umat beragama sebagai poin pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Assalamu’alaikum Wr.Wb. Selamat malam, salam damai dan salam sejahtera bagi kita semua.

Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian yang saya hormati, pertama-tama kita panjatkan puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa karena pada kesempatan hari ini kita bisa berkumpul di sini dengan keadaan baik dan sehat untuk meneguhkan kembali penghayatan kita semua atas Bhineka Tunggal Ika sebagai warga Indonesia yang berlandaskan pada ideologi pancasila.

Argumentasi

Sebagaimana telah kita tahu dan kita alami beberapa waktu belakangan ini, pikiran dan perasaan kita sedang diuji dengan adanya berbagai macam isu perpecahan dan permusuhan antar suku, agama, ras, golongan, dan aliran kepercayaan.

Bilamana isu ini tidak disikapi dengan cara bijaksana, hal ini akan berbahaya dan mengancam perdamaian antar warga di seluruh penjuru tanah air.

Oleh sebab itulah, dalam kesempatan ini, saya hendak menyerukan kembali pentingnya perdamaian dan toleransi antar umat beragama, antar suku, antar ras, antar daerah, dan segala jenis perbedaan diantara kita semua.

Sebagaimana telah kita ketahui, situasi yang kurang menyenangkan ini bermula dari munculnya isu penistaan agama yang berimbas pada banyak hal khususnya redupnya toleransi antar sesama.

Saya percaya bahwa semua agama itu bertujuan baik dan tak ada satupun ajaran agama di negara kita ini yang menganjurkan untuk saling bermusuhan.

Namun oleh karena agama telah dijadikan kendaraan politik, sayangnya demikian yang terjadi, agama telah tercemar dan kehilangan nilai spiritualitasnya. Hal ini telah terjadi dan tak dapat dihindarkan.

Sementara itu, tanpa sadar kita telah dipecah belah oleh pihak-pihak tertentu melalui berbagai jenis media masa sehingga kita seringkali terpancing untuk ikut emosi atas sesuatu yang sebenarnya bukanlah kepentingan kita.

Bapak ibu sekalian yang saya hormati, kita semua sebagai manusia yang sungguh kecil di hadapan Tuhan Yang Maha Esa pencipta alam semesta semestinya tak berhak untuk menyombongkan diri, menyombongkan apa yang telah kita miliki, menyombongkan golongan dan keyakinan kita semua.

Jika kita semua ini disandingkan dengan alam semesta yang tak terbatas luasnya, yang telah diciptakan oleh Tuhan yang maha esa, maka kita ini tiada artinya.

Apakah jika kita semua saling bertikai, saling mengagungkan kepercayaan kita atas kebenaran tuhan dalam benak kita masing-masing, maka Tuhan akan bangga?

Bila kita dengan rendah hati mau mendengarkan hati nurani dan akal budi kita, tentu kita akan sepakat bahwa saling menghujat dan saling menghina antar umat beragama bukanlah perintah Tuhan.

Oleh sebab itulah, sekali lagi saya hendak menghimbau, agar kita semua tak mudah terpancing oleh isu-isu yang berpotensi menimbulkan perpecahan.

Isu-isu ini adalah ciptaan pihak-pihak tertentu yang ingin mengoyang pancasila dan persatuan NKRI dan kita semua inilah sasarannya, yakni agar kita teradu domba dan saling bertikai.

Untuk menghindari hal ini, hendaknya kita semua membuka lebar pintu hati kita untuk lebih ikhlas lagi dalam saling berbagi dan saling menyanyangi antar sesama serta menyingkirkan segala bentuk pikiran dan prasangka tidak baik kepada sesama.

Insyaallah bila kita ikhlas melakukannya, hal ini adalah ibadah yang mulia dan baik di hadapan Tuhan yang maha esa.

Pernyataan Ulang Pendapat

Kiranya saya tak akan berpanjang lebar lagi untuk mengingatkan akan pentingnya menjaga perdamaian dan cinta kasih antar kita semua yang telah diciptakan berbeda-beda oleh Tuhan yang maha esa.

Bilamana dalam pidato ini ada kata-kata yang kurang berkenan, maka dengan segala kerendahan hati saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Semoga Tuhan selalu memberikan segala kebaikan bagi kita semua dan menjauhkan kita semua dari yang buruk.

Akhir kata, wassalamu’alaikum Wr.Wb.

# # # # #

Contoh Teks Eksposisi Berita - Tahanan Lepas

contoh teks eksposisi berita - tahanan lepas

via pinterest.com

Berita, baik yang akan disiarkan melalui media cetak atau media elektronik bisa juga ditulis dengan melalui teks eksposisi.

Berikut ini merupakan contoh teks eksposisi berita yang mengambil kasus tahanan lepas sebagai pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Sekitar 200 tahanan kabur dari rumah tahanan klas IIB Pekan Baru yang beralamat di Jalan Sialang Bungkuk, Sail, Tenayanraya pada hari Jum’at (5-5-2017) seusai shalat Jum’at.

Hal ini menunjukkan bahwa rumah tahanan tersebut dikelola dan beroperasi dengan sistem yang buruk.

Argumentasi

Menurut Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, hingga pukul 15.00 ada sekitar 50 tahanan kabur yang berhasil di tangkap.

Guntur mengungkapkan bahwa jumlah tahanan di Rutan tersebut sudah sangat melebihi kapasitas.

Hingga saat ini, pengendalian situasi dilakukan oleh Brimob Polda Riau yang dikerahkan ke rutan, sementara itu petugas gabungan reserse dan intelegen menyebar ke seluruh wilayah untuk mengejar tahanan kabur yang belum tertangkap.

TNI juga turut membantu dalam mengendalikan situasi di rutan dan pemadam kebakaran serta petugas penjara bersiaga untuk mencegah terjadinya bentrok susulan.

Warga sekitar membenarkan bahwa sebelum shalat Jum’at, suara ribut telah terdengar dari dalam rutan.

Suara semakin menjadi-jadi ketika shalat Jum’at berlangsung. Salah seorang warga yang menjadi saksi mata, hasan (66 tahun) mengatakan, “Pas itu saya lihat ratusan tahanan keluar dari pintu lalu lari menyebar kemana-mana.”

Pernyataan Ulang Pendapat

Kejadian ini sangat disayangkan mengingat para tahanan tersebut merupakan orang-orang yang meresahkan masyarakat.

Jika pemerintah daerah Riau membenahi sistem keamanan rutan seiring dengan meningkatnya jumlah tahanan, maka kejadian seperti ini barangkali tidak akan terjadi.

# # # # #

Contoh Eksposisi Laporan - Observasi Pantai

contoh eksposisi laporan - observasi pantai

via pinterest.com

Contoh teks eksposisi laporan kali ini menggunakan topik observasi pantai sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Pantai merupakan salah satu tujuan wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Dari berbagai macam pantai di berbagai wilayah di Indonesia, masing-masing memiliki daya tariknya tersendiri.

Pantai Popoh, Tulungagung, merupakan salah satu pantai yang tak hanya menyuguhkan panorama alam namun juga panorama kultural karena pantai tersebut merupakan tempat berlabuhnya kapal nelayan dan menjadi pantai terpenting sebagai pasar ikan laut segar khususnya di wilayah Tulungagung dan sekitarnya.

Argumentasi

Setidaknya ada 3 jenis panorama yang bisa dijadikan objek hiburan di pantai Popoh, Tulungagung, yaitu pertama adalah panorama alam yang sejuk dan rindang sekaligus merupakan pelabuhan alami, kedua adalah aktivitas para nelayan yang sedang mencari ikan atau memasarkan ikannya di pasar ikan, ketiga adalah kesenian dan ritual yang sering di gelar di pantai tersebut.

Pantai popoh terletak di ujung selatan kota Tulungagung dan dari pusat kota, diperlukan waktu kurang lebih 30 menit untuk bisa sampai di pantai tersebut.

Perjalanan untuk menuju pantai tersebut juga merupakan keasyikan tersendiri karena sebelum mencapai pantai tersebut, para pengunjung akan melewati wilayah para pengrajin batu marmer terbesar se Jawa (atau mungkin se Indonesia), Campurdarat, dan juga akan melewati pegunungan dan hutan.

Untuk menikmati indahnya pantai popoh, para wisatawan tidak memerlukan payung untuk berlindung dari terik matahari karena di pantai tersebut terdapat banyak pohon besar yang menjadi peneduh.

Di area utama pantai tersebut juga telah dibangun pendopo dan panggung hiburan sekaligus tempat belanja oleh-oleh berupa barang kerajinan dan juga aneka ikan laut segar hasil tangkapan nelayan setempat.

Dipantai ini sayang sekali hanya memiliki sedikit pasir dan hal ini sangat berbeda dengan pantai lainnya yang menyediakan pasir melimpah ruah.

Lantas bagaimana bisa menjadi pantai jika tidak ada pasir?

Sebagai gantinya, bibir pantai tersebut masih berupa batu karang sehingga pantai tersebut menjadi pelabihan alami.

Tentu saja, dipantai popoh pengunjung tidak bisa berenang karena batas selepas batas bibir pantai tersebut merupakan laut yang dalam.

Namun demikian, tak jauh dari pantai ini, tepatnya disepanjang pesisir sebelah barat dan seterusnya, pengunjung bisa menikmati hangatnya pasir pantai dan asiknya berenang di lautan.

Harga makanan yang tersedia di warung-warung sekitar pantai Popoh boleh dibilang murah meriah.

Hal ini disebabkan karena pantai ini jarang dikunjungi pengunjung kecuali waktu liburan sehingga pada hari-hari biasa pantai terlihat sepi dari pengunjung.

Dari situlah para penjual makanan memasang tarif biasa agar para wisatawan tidak kapok untuk berkunjung di sana.

Selain terkenal dengan pantai nelayan, pantai popoh juga dikenal dan difungsikan sebagai tempat untuk melangsungkan ritual tertentu baik ritual kelompok atau personal (seseorang yang datang untuk wangsit dengan cara semedi di tempat-tempat tertentu).

Tak jauh dari pantai ini, tepatnya sebelum menuju ke arah parkir kendaraan, terdapat bangunan yang bernama pesanggrahan reco sewu yang dibangun oleh Soemiran Karsodiwirjo, pemilik pabrik rokok retjo pentung yang kini telah bangkrut dan sempat berjaya pada masa lalu.

Pesanggrahan ini dibangun sekaligus dilengkapi dengan patung raksasa Dwarapala yang berjumlah 2999 dan ditempatkan sedemikian rupa mengelilingi pesanggrahan tersebut untuk dipersembahkan kepada ratu pantai selatan, yakni Nyi Roro Kidul.

Maka tak heran jika pesanggrahan ini sangat bernuansa mistis dan barangkali sangat jauh lebih mistis jika dibandingkan dengan pantai Parangtritis di Yogyakarta.

Pernyataan Ulang Pendapat

Panorama yang tersedia di pantai popoh dan sekitarnya merupakan kombinasi yang lengkap sehingga para pengunjung tak hanya terpuaskan oleh panorama alam pantai sebagaimana pada umumnya, namun juga pengunjung bisa menikmati panorama aktivitas para nelayan sekaligus nuansa mistis yang memayungi seluruh wilayah tersebut.

# # # # #

Contoh Paragraf Eksposisi Klasifikasi - Jenis-jenis Durian

contoh paragraf eksposisi klasifikasi - jenis-jenis durian

via pinterest.com

Contoh paragraf eksposisi klasifikasi ini menggunakan topik klasifikasi jenis-jenis durian sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Buah durian masih merupakan rajanya buah di Indonesia karena banyak penggemarnya dan mahal harganya.

Karena banyaknya peminat, buah durian menjadi ladang bisnis yang menggiurkan.

Pada jenis-jenis durian tertentu yang langka, banyak orang yang rela meluangkan waktu dan uang untuk berburu di daerah-daerah tertentu untuk bisa menikmati kelezatannya.

Seiring dengan perkembangan teknologi di bidang pertanian, buah durian semakin banyak dikembangkan dengan berbagai jenis varian baru yang lebih menggoda.

Argumentasi

Buah durian kini dikembangkan sedemikian rupa hingga menghasilkan berbagai jenis durian baru. Berikut ini merupakan jenis-jenis durian unggulan yang menjadi primadona di pasar buah.

1. Durian Musangking

Durian musangking termasuk salah satu durian jenis durian unggulan asal malaysia yang baru-baru ini populer di Indonesia.

Harga durian ini cukup fantastis, yakni bisa mencapai 250.000 rupiah per buah.

Di Indonesia, duriang musangking mula-mula dikembangkan di daerah Kebumen, Jawa Tengah dan Kediri, Jawa Timur dan kemudian mulai banyak yang mencoba untuk membudidayakan bibitnya karena omzet penjualan bibit durian ini sangat menggiurkan.

2. Duriang Bawor

Durian Bawor merupakan satu-satunya pesaing durian montong karena kemiripan bentuk, ukuran, tekstur, dan rasanya.

Durian bawor ini merupakan durian baru yang dikembangkan di Jawa Tengah.

Keunikan dari durian Bawor ini adalah pohonnya yang berasal dari dua atau tiga pohon dijadikan satu sehingga memiliki masa berbuah yang cepat dari masa tanam, yakni sekitar 3-4 tahun.

3. Durian Montong

Durian montong ini sempat menjadi raja durian karena kelezatannya.

Durian montong ini berasal dari Thailand dan hingga saat ini Indonesia masih mengekspor durian montong unggulan dari Thailand meski di Indonesia sendiri sudah banyak yang mencoba untuk membudidayakannya.

4. Durian Merah

Durian merah sangat spesial karena hanya tumbuh baik di daerah Banyuwangi.

Awalnnya durian ini hampir punah, namun kemudian berkat kerjasama antara petani dengan pemerintah daerah setempat, bibit durian ini mulai diperbanyak dan dibudiayakan.

Durian merah tak hanya lezat rasanya, namun juga dipercaya mampu menjadi obat untuk penyakit tertentu sehingga tak heran jika sangat sulit menemukan durian ini dipasaran lantaran durian ini telah laku bahkan sebelum keluar dari kebun.

5. Durian Terong

Durian terong ini berasal dari Kalimantan Barat.

Hal yang menjadikan durian terong ini istimewa adalah meski bentuknya kecil dan memiliki isi buah yang tak terlalu banyak, namun durian terong ini memiliki daging dengan ketebalan hingga 3 cm, berbiji keriput sehingga buah ini nyaris tak berbiji.

Tak hanya itu, rasa dari buah durian terong ini setajam aromanya.

6. Durian Raja Udang

Durian raja udang ini memiliki tekstur daging yang lunak dan lembut namun kering alias tidak banyak mengandung air.

Ketebalan daging buah durian raja udang ini kurang lebih mencapai 1,5 cm dan memiliki rasa manis serta sensasi sedikit pahit yang tertinggal di ujung lidah setelah kita selesai memakannya.

Buah durian ini bisa mencapai berat hingga 3 kg dengan kulit buah yang lumayan tebal namun berbau sangat harum.

7. Durian Mimang

Durian mimang berasal dari Madukara, Jawa Tengah.

Salah satu keunikan dari buah durian mimang adalah bentuknya yang ramping dengan kulit berwarna hijau kekuningan.

Daging dari buah ini termasuk tebal dengan kandungan serat tinggi. Rasa dari daging buah durian mimang ini tergolong manis dan mempunyai kandungan alkohol tinggi.

Karena buah ini memiliki keharuman yang khas, maka buah durian mimang ini mudah dibedakan dengan durian lainnya.

8. Durian Matahari

Durian matahari berasal dari Bogor, Jawa Barat. Bentuk dari buah durian ini agak bulat dengan warna kulit hijau kecoklatan.

Kulit durian ini memilik duri yang berukuran besar dan jarang. Meski beraroma tidak terlalu kuat, namun durian matahari ini memiliki rasa manis.

9. Durian Tembaga

Durian tembaga berasal dari kabupaten Kampar, Riau.

Meski ukuran buahnya tidak terlalu besar, namun buah durian tembaga ini sangat disukai banyak orang karena karakternya yang unik.

Buah ini berbentuk bulat dengan duri yang ramping, runcing, dan rapat. Yang spesial dari buah tembaga adalah dagingnya yang berwarna kuning pekat sehingga dijuluki sebagai durian tembaga.

Tak hanya warnanya yang menarik, rasa dari daging buah durian tembaga sangatlah manis dengan aroma harum yang mudah sekali tercium.

10.Durian Bokor

Durian Bokor merupakan buah durian yang berasal dari daerah Majalengka, Jawa Barat.

Buah durian ini termasuk memiliki ukuran yang besar, berwarna hijau kekuningan dengan berat mencapai 3-4 Kg.

Meski demikian, durian ini memiliki kulit yang tipis, berdaging buah agak tebal, berwarna kuning keemasan, bertekstur halus dan manis rasanya.

11. Durian Candimulyo

Buah Durian candimulyo ini terkenal dengan bijinya yang kecil tapi memiliki daging buah yang tebal.

Rasa dari daging buah durian ini boleh dibilang manis dengan sensasi pahit. Durian candimulyo tumbuh dengan baik dan dibudidayakan di daerah Magelang, Jawa Tengah.

12. Durian Petruk

Buah durian petruk merupakan buah durian asli jepara.

Disebut sebagai durian petruk karena buah ini berbentuk lonjong berwarna hijau kekuningan dengan daging buah yang tebal, berwarna kuning, berserat halus, agak lembek dan memiliki rasa manis dengan sensasi sedikit pahit.

Pernyataan Ulang Pendapat

Varian buah durian saat ini jauh lebih banyak dari jaman dahulu dan tentunya masing-masing varian ini masih bisa disilangkan dan menghasilkan jenis baru yang barangkali memiliki kualitas lebih baik.

Oleh karena itulah, buah durian ini sampai saat ini memberikan banyak peluang untuk dijadikan bisnis, baik bisnis utama atau hanya bisnis sampingan.

# # # # #

Contoh Teks Eksposisi Proses - Cara Membuat Pupuk Cair Organik Sederhana

contoh teks eksposisi proses - cara membuat pupuk cair organik sederhana

via greeningofgavin.com

Contoh teks eksposisi proses berikut ini mengambil contoh cara membuat pupuk cair organik sederhana sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Membuat pupuk organik cair sangatlah mudah dan murah biayanya.

Pupuk organik cair bisa dibuat dengan cara sederhana dan dengan menggunakan bahan yang sangat mudah ditemukan, diantaranya adalah sampah organik seperti dedaunan, sampah sayuran, tulang belulang, kulit buah, makanan basi, sisa makanan, buah-buahan busuk, rerumputan, bangkai, dan lain sebagainya.

Sehingga, membuat pupuk organik cair dengan bahan-bahan tersebut boleh dibilang sebagai daur ulang sampah organik.

Argumentasi

Pupuk merupakan suplemen tambahan bagi tanaman.

Pupuk sangat dianjurkan apabila tanaman di tanam pada media tanam yang kurang subur.

Dengan cara membuat pupuk sendiri, tentunya hal ini tak hanya menghemat pengeluaran, namun juga mendayagunakan sampah organik agar tak terbuang percuma.

Salah satu jenis pupuk adalah pupuk cair.

Disebut pupuk cair karena wujud dari pupuk ini memanglah cairan yang bisa diaplikasikan dengan cara disiramkan di media tanam dengan dosis tertentu atau disemprotkan ke daun tanaman dengan kadar kepekatan tertentu.

Pupuk cair organik ini dijual di pasaran dengan harga yang relatif mahal jika dibandingkan dengan pupuk padat seperti pupuk kandang atau kompos.

Namun tak harus beli bila ingin menggunakan pupuk cair organik yang terkenal sangat mudah diserap tanaman. Pupuk cair organik bisa dibuat dengan cara sederhana.

Untuk membuat pupuk cair organik dengan cara sederhana, siapkan alat dan bahan berikut ini:

  1. Botol minum bekas 1,5 liter dua buah.
  2. Selang bangunan 1 meter.
  3. Lem/lilin.
  4. Gula 5 sendok makan.
  5. Ragi roti (fermipan, dll) atau ragi tape.
  6. Air
  7. Sampah dapur atau sampah organik 1/3 botol.

Sebagai catatan, alat dan bahan tersebut akan menghasilkan pupuk cair organik sebanyak kurang lebih 1 liter.

Botol minum bekas dipergunakan sebagai media pembuatan, 1 buah untuk menempatkan semua bahan dan satunya untuk pembuangan gas yang disalurkan melalui selang bangunan (keduanya terhubung).

Bila ingin mendapatkan pupuk organik dengan kandungan mineral yang bervariasi, gunakan bahan-bahan sebagai berikut untuk dicampurkan, yaitu kotoran ayam/kambing/sapi/kelinci (yang sekiranya mudah didapatkan), daun tanaman kacang-kacangan, kulit pisang, tulang belulang, cangkang telur, nasi basi, buah-buahan busuk yang di cincang dan dijadikan satu hingga sebanyak 1/3 botol.

Berikut ini merupakan langkah-langkah pembuatan pupuk cair organik sederhana:

  1. Siapakan media pembuatan dengan cara melubangi tutup salah satu botol bekas seukura selang bangunan. Pasang selang tersebut dan tutup celahnya dengan menggunakan lem atau lilin. Botol yang satunya tidak usah di beri tutup namun cukup diberi air hingga penuh.
  2. Masukkan semua bahan sampah organik
  3. Cairkan 5 sendok makan gula dengan 1 liter air, lalu tambahkan 1 bungkus ragi roti, aduk hingga merata. Masukan ke dalam botol yang telah terisi bahan sampah organik. Aduk perlahan.
  4. Tutup botol tersebut dengan tutup botol yang telah terpasang selang. Masukkan ujung selang satunya ke dalam air pada botol satunya. Pastikan selang ini selalu dibawah permukaan air selama proses berlangsung karena selang ini berfungsi untuk mengeluarkan gas fermentasi dan mencegah udara luar yang masuk ke dalam botol fermentasi.
  5. Tunggu hingga 2 minggu
  6. Bila proses berhasil, cairan tersebut akan beraroma seperti aroma tape.
  7. Pisahkan cairan tersebut dari ampasnya dengan cara disaring. Cairan tersebut merupakan pupuk cair organik sementara ampasnya bisa dipergunakan sebagai pupuk padat.

Pupuk cair organik bisa diaplikasikan dengan cara disiramkan langsung pada media tanam tanaman dengan dosis 1 liter pupuk cair organik dicampurkan dengan 15-20 liter air.

Pupuk tersebut bisa juga dipergunakan sebagai pupuk daun, yakni dengan mencampurkan 1 sendok makan pupuk cair organik dengan 1 liter air dan disemprotkan ke daun tanaman pada waktu sore hari/ malam hari/ subuh ketika sinar matahari sangat redup sinarnya (pada waktu ini stomata daun terbuka lebar dan mudah menyeram pupuk).

Pernyataan Ulang Pendapat

Metode pembuatan pupuk organik cair dengan cara sederhana tentunya tak hanya menghemat pengeluaran, namun juga bisa dipergunakan untuk mengoptimalkan manfaat dari sampah organik.

Bila semua sampah organik yang hanya mengonggok ditempat sampah dimanfaatkan sebagai pupuk organik, tentunya hal ini bisa berpeluang untuk dijadikan mata pencaharian sampingan.

# # # # #

Nah, teman-teman, demikianlah kiranya penjelasan mengenai seluk beluk teks eksposisi beserta contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat sebagai refrensi buatmu yang mau mencoba untuk membuat teks eksposisi.

Teman-teman juga bisa membaca artikel lain yakni tentang contoh teks eksplanasi bilamana teman-teman membutuhkan refrensi terkait. Akhir kata, sampai jumpa pada artikel kami yang lain.

Sharing is Caring

«

»


KATEGORI

BACAAN TERKAIT

Copyright © 2018 GudangPelajaranContact / Privacy Policy / Copyright / IP Policy / Term of Service
Top